Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Januari 2020 Bandara Radin Inten II Lampung Ujicoba Embarkasi Haji Penuh

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan siap mewujudkan embarkasi penuh haji tahun 2020.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Januari 2020 Bandara Radin Inten II Lampung Ujicoba Embarkasi Haji Penuh
KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan siap mewujudkan embarkasi penuh haji tahun 2020. Karena itu, ia siap memenuhi semua persyaratan yang diminta pihak Kementerian Agama RI. Foto Bandara Radin Inten II Lampung. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan siap mewujudkan embarkasi penuh haji tahun 2020. Karena itu, ia siap memenuhi semua persyaratan yang diminta pihak Kementerian Agama RI.

Arinal menyebut, embarkasi penuh haji dari Bandara Radin Inten II Lampung menjadi keharusan. Sebab, 90 persen dari 9,7 juta jiwa masyarakat Lampung beragama Islam.

"Jadi harus difasilitasi dan dipermudah untuk kepentingan peribadahannya. Penduduk Lampung ini terbesar nomor dua di Sumatera dan 90 persennya muslim," kata Arinal saat menerima kunjungan kerja Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI di Kantor Pemprov Lampung, Senin (16/12/2019).

Arinal juga menyatakan, jika urusan embarkasi haji penuh ini menjadi urusannya.

Presiden Jokowi resmikan Bandara Raden Inten II
Presiden Jokowi resmikan Bandara Raden Inten II (TRIBUNNEWS.COM/RIA A)

"Jadi saya menyatakan siap untuk memenuhi persyaratannya. Karena ini menyangkut 90 persen kepentingan umat beragama di Lampung," tegasnya lagi.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Mizar Ali menuturkan, Pemerintah Provinsi Lampung harus penuhi tiga persyaratam untuk mewujudkan embarkasih penuh haji 2020.

"Tentunya, atas nama Kemenag RI kami menyambut baik dan mendukung penuh embarkasi haji ini. Namun kami tetap menanyakan komponen syarat yang harus dipenuhi," ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi itu di antaranya, mempersiapakan instrumen landing system, uji coba keamanan dan keselamatan, dan izin prinsip.

Baca: Libur Natal dan Tahun Baru, Maskapai Penerbangan Siapkan 8,9 Juta Kursi Penumpang

Baca: Dirut Garuda Dipecat Erick Thohir, Kemenhub: Tidak Masalah Selama Direktur Kunci Masih Ada

Mizar Ali mengatakan, beberapa persyaratan tersebut harus segera dipenuhi oleh Pemprov Lampung.

Bahkan, ia menargetkan pada Januari 2020 mendatang uji keamanan dan keselamatan harus dilaksanakan.

"Berdasarkan surat keputusan kemarin, beberapa persyaratan tersebut memang belum ada. Jadi kami minta persyaratan ini untuk dipenuhi secepatnya," ujar dia.

Ditindaklanjuti

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti persyaratan yang diminta oleh Kemenag RI.

"Untuk izin prinsip kita akan buat surat. Nanti kita kirim ke Kementerian Perhubungan, dan nanti mereka yang akan mengajukan izinnya," kata Bambang.

Satu Batalyon pasukan Marinir yang berasal dari Brigade Infanteri-3 Piabung di berangkatkan menuju Provinsi Riau, keberangkatan pasukan yang tergabung dalam Satgas Damkar Hutla Brigif-3 Mar ini untuk diperbantukan dalam penanganan kebakaran hutan dan asap, Satgas yang berjumlah 330 personel ini diberangkatkan dengan dua unit pesawat Herkules dari Bandara Raden Inten II Lampung Selatan.
Satu Batalyon pasukan Marinir yang berasal dari Brigade Infanteri-3 Piabung di berangkatkan menuju Provinsi Riau, keberangkatan pasukan yang tergabung dalam Satgas Damkar Hutla Brigif-3 Mar ini untuk diperbantukan dalam penanganan kebakaran hutan dan asap, Satgas yang berjumlah 330 personel ini diberangkatkan dengan dua unit pesawat Herkules dari Bandara Raden Inten II Lampung Selatan. (Tribun Lampung/Tribun Lampung/Perdiansyah)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas