Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada 182 Kegiatan Usaha di Jawa Tengah Dihentikan karena Tidak Kantongi Izin

Satgas Waspada Investasi Jateng menyelenggarakan Focus Group Discussion. Mereka membahas isu terkini investasi ilegal.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Ada 182 Kegiatan Usaha di Jawa Tengah Dihentikan karena Tidak Kantongi Izin
istimewa
Foto berlangsungnya sesi wawancara yang dilakukan oleh Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK, Indra Yuheri (kemeja batik coklat), dengan rekan media dalam kegiatan Focus Group Discussion, membahas mengenai isu-isu terkini investasi ilegal dan mekanisme koordinasi antar anggota Satgas Waspada Investasi Provinsi Jawa Tengah, Kamis (19/12) di PO Hotel Jalan Pemuda Semarang. 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Satgas Waspada Investasi Jateng menyelenggarakan Focus Group Discussion.

Mereka membahas isu terkini investasi ilegal. 

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK, Indra Yuheri mengatakan, kegiatan FGD ini guna penanganan maraknya investasi ilegal.

Dari sisi pencegahan, lanjutnya, yaitu dilakukan dengan memberikan rekomendasi dan menyusun regulasi, edukasi kepada Pelaku Industri SJK dan masyarakat, dan Pemantauan Kegiatan Investasi Ilegal.

Selain itu, tugas penanganan yang dilakukan dengan melakukan pemeriksaan bersama (On/Off Site), rekomendasi ke instansi terkait dan penghentian kegiatan investasi ilegal yang tidak berizin dari Otoritas.

"Satgas Waspada Investasi hingga akhir November menghentikan 182 kegiatan usaha yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin, dari otoritas yang berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat.

Dianggap berbahaya karena memanfaatkan ketidakpahaman masyarakat untuk menipu, dengan cara iming-iming pemberian imbal hasil yang sangat tinggi dan tidak wajar," ungkapnya.

Dari 182 entitas, 164 di antaranya melakukan kegiatan perdagangan forex tanpa izin; 8 investasi money game; 2 equity crowdfunding ilegal; 2 multi level marketing tanpa izin; 1 perdagangan kebun kurma; 1 investasi properti; 1 penawaran investasi tabungan; 1 penawaran umrah; 1 investasi cryptocurrency tanpa izin; dan 1 koperasi tanpa izin.

Tim Satgas Waspada Investasi Pusat, Akta Bahar Daeng menjelaskan, total kegiatan usaha tanpa izin dan berpotensi merugikan masyarakat selama tahun 2019 sebanyak 444 entitas.

BERITA TERKAIT

Selain itu Satgas Waspada Investasi juga menangani 68 entitas gadai ilegal, dan 1.494 entitas fintech peer-topeer lending ilegal.

“Kegiatan fintech peer-to-peer lending ilegal masih banyak beredar lewat website maupun aplikasi serta penawaran melalui SMS.

Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati sebelum melakukan pinjaman secara online, dengan melihat apakah aplikasi peer-to-peer lending tersebut telah terdaftar di OJK atau belum," ujarnya. (dta)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Satgas Waspada Investasi Provinsi Jateng Ungkap 182 Kegiatan Tanpa Izin, https://jateng.tribunnews.com/2019/12/19/satgas-waspada-investasi-provinsi-jateng-ungkap182-kegiatan-tanpa-izin.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas