Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Bali Kehilangan Pendapatan Rp 1 Triliun Lebih Setiap Bulan

Bali kehilangan pendapatan Rp 1 triliun lebih setiap bulan akibat menurunnya jumlah wisatawan sejak merebaknya wabah virus corona.

Bali Kehilangan Pendapatan Rp 1 Triliun Lebih Setiap Bulan
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Kunjungan wisatawan ke objek wisata Pura Batuan, Kecamatan Sukawati, Kamis (13/2) tak seperti biasanya di penuhi bus wisatawan cina kini tempat wisana ini nampak lenggang. 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Bali Tourism Board (BTB), Ida Bagus Agung Partha Adnyana, menyebutkan lebih dari 40 ribu pemesanan hotel di Bali telah dibatalkan sejak wabah virus corona menyerang China.

"Bali kehilangan pendapatan Rp 1 triliun lebih setiap bulan, dan itu sudah dimulai," kata Ida Bagus Agung Partha Adnyana dalam acara Kebijakan Pemerintah Dalam Menghadapi Imbas Virus Corona di Denpasar, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya penyebaran virus corona di China dan beberapa negara di dunia menimbulkan dampak cukup signifikan, bagi Bali dan daerah wisata lainnya di dunia.

Baca: Terkuak di Sidang, Imam Nahrawi Pernah Kesal dan Marah Besar ke Anak Buah Lantaran Ini

Baca: 3 Anak Pembully Siswi SMP di Purworejo Terkenal Bandel, Kepsek: Susah Diajar, Semaunya Sendiri

Khususnya yang menjadi kantong-kantong tujuan plesir turis asal negeri Tirai Bambu tersebut.

Walau demikian, ia tetap optimistis karena Bali masih menjadi tujuan wisata banyak negara khususnya untuk Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

Potensi kerugian ini, diamini Ketua PHRI Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya.

Berdasarkan hitungannya, spending turis China ke Bali per orang per stay (4 hari 3 malam), mencapai 1.100 dolar AS atau Rp 15 juta per kedatangan.

Masyarakat lokal Kartsuura Perfektur Chiba membuat bambu berisikan lilin sebagai bentuk doa dukungan kepada para warga yang dikarantina di hotel Mikazuki Katsuura, dipasang di pinggir pantai.
Masyarakat lokal Kartsuura Perfektur Chiba membuat bambu berisikan lilin sebagai bentuk doa dukungan kepada para warga yang dikarantina di hotel Mikazuki Katsuura, dipasang di pinggir pantai. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Setiap hari turis China yang datang mencapai 3.000 hingga 3.500, dan ini dikalikan Rp 15 juta maka potensial loss bisnis mencapai Rp 5 triliun lebih dalam 3 bulan ke depan.

"Begitu flight berhenti, maka 3.000 turis ini ke Bali dari 5 Februari sampai waktu yang belum ditentukan," kata dia.

Managing Director ITDC The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, juga menyebutkan ada total 51 ribu room night yang cancel hingga April 2020.

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Besar Hari Ini, Jumat 14 Februari 2020: Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah

Baca: Karen Pooroe 5 Jam Diperiksa Polisi, Dicecar 40 Pertanyaan Salah Satunya Soa Autopsi Sang Buah Hati

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas