Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

6 Warga di Pulau Adonara Flores Timur, Tewas Dalam Bentrokan 2 Kelompok Masyarakat Berebut Lahan

Enam warga Desa Sandosi di Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan tewas

6 Warga di Pulau Adonara Flores Timur, Tewas Dalam Bentrokan 2 Kelompok Masyarakat Berebut Lahan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi - Massa bentrok dengan personel brimob di depan Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (30/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, MAUMERE - Enam warga Desa Sandosi di Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan tewas, Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 10.00 Wita.

Mereka terbunuh dalam perang tanding dua kelompok masyarakat di wilayah tersebut memperebutkan lokasi tanah di Weluweta.

"Saya baru komunikasi lewat telepon dengan BPD dan aparat Desa Sandosi, diketahui korban meninggal dunia enam orang dan luka-luka belum diketahui keberadaan karena lokasinya cukup jauh dari Desa Sandosi," kata Wakil Bupati Flores Timur, Agus Payong Boli, kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (5/3/2020) petang.

"Kepada para camat Se-daratan Pulau Adonara dan desa-desa lain, saya mengimbau dan menahan masyarakatnya jika punya niat membantu suku-suku yang lagi bertikai di Desa Sandosi karena di Adonara secara lamaholot ada namanya "nara" atau sekutu lintas desa dan wilayah," kata Agus Payong Boli.

 

Dia meminta masyarakat memberikan kepercayaan kepada pemerintah daerah dan aparat keamanan menyeselesaikan masalah yang ada.

Kepada warga masyarakat agar tidak boleh menyebarluaskan informasi yang tidak akurat di medsos yang berpotensi memperuncing keadaan di sana.

"Jika ada yang menulis bernada provokatif atau ujaran kebencian, saya minta Kapolres tangkap pihak-pihak yang dengan sengaja provokasi para pihak," kata Agus Boli.

Ia minta pihak kepolisian dan TNI agar mengirim pasukan lebih banyak dan siaga di Desa Sandosi dan sekitarnya sebelum jenaah korban dibawa masuk kampung karena situasi rusuh bisa saja terjadi saat itu.

"Kepada seluruh warga Lamaholot Flores Timur mari kita mendoakan agar masalah ini segera diselesaikan dan korban tidak lagi bertambah. Pemerintah juga menyampaikan turut berdukacita atas tragedi kematian saudara-saudara kita di Sandosi dalam konfik tanah ini. Semoga Tuhan menghapus dosa mereka dan menerima arwah mereka di sisi-Nya dan keluarga dikuatkan dalam kedamaian sejati," kata Agus Boli.

Pulau Adonara

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas