Tribun

Fakta Persidangan, Terungkap Alasan Nasri Banks Mendirikan Sunda Empire Demi Anak

Alasan Nasri Banks membentuk negara Sunda Empire, yang sempat menghebohkan Tanah Air beberapa waktu silam, kini terkuak di persidangan.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Fakta Persidangan, Terungkap Alasan Nasri Banks Mendirikan Sunda Empire Demi Anak
Kolase Tribun Jabar
Nasri Banks, Grand Prime Minister di Sunda Empire, sosok yang lebih tinggi di atas Rangga Sasana. Dia terlihat dominan dalam sejumlah tayangan video di media sosial. (Foto: Tribunjabar.id/Mega Nugraha- Istimewa) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNNEWS.COM,  BANDUNG - Apa kabar Nasri Banks, pendiri Sunda Empire? Terungkap fakta baru tentangnya. 

Alasan Nasri Banks membentuk negara Sunda Empire, yang sempat menghebohkan Tanah Air beberapa waktu silam, kini terkuak.

Nasri Banks rupanya mendirikan Sunda Empire negara ini untuk memulangkan anaknya Fathia Reza dan Lamia Roro yang ditahan di Malaysia pada 2007.

Anaknya ditangkap di Malaysia karena kedapatan membawa paspor kerajaan Sunda.

Identitas Fathia Reza dalam paspor diplomatik Sunda Democratic Empire menggunakan nama Her Imperial Majesty Crown Princess Fathia Wiranatadikusumah Siliwangi Al-Misri. Keduanya putri Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum, Perdana Menteri dan Kaisar Sunda Empire yang didakwa jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dalam perkara menyebarkan kebohongan dan membuat keonaran di publik. Terdakwa lainnya adalah Rangga Sasana, Sekjen Sunda Empire.
Identitas Fathia Reza dalam paspor diplomatik Sunda Democratic Empire menggunakan nama Her Imperial Majesty Crown Princess Fathia Wiranatadikusumah Siliwangi Al-Misri. Keduanya putri Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum, Perdana Menteri dan Kaisar Sunda Empire yang didakwa jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dalam perkara menyebarkan kebohongan dan membuat keonaran di publik. Terdakwa lainnya adalah Rangga Sasana, Sekjen Sunda Empire. (Tangkapan layar YouTube Pak Bro)

Informasi tersebut terungkap pada sidang dakwaan kasus membuat keonaran dengan terdakwa Nasri Banks, Rd Ratnaningrum serta Ranggasasana dari Sunda Empire, pada Kamis (18/6/2020)  kemarin.

Rd Setiawati (47), kakak kandung dari terdakwa Rd Ratnaningrum, tidak membantah  Fathia Reza dan Lamia Roro yang merupakan anak dari kakak kandungnya hasil pernikahan dengan Nasri Banks, pensiunan PNS guru.

Baca: Siswi SMP Jadi Korban Perkosaan, Pelaku Masih di Bawah Umur Lampiaskan Nafsunya di Rumah Nenek

Baca: Dexamethasone Hanya Efektif tuk Pasien Covid-19 yang Kritis, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Paru

Baca: Bobol ATM di Bandar Lampung, Pelakunya Sisakan Duit Rp 50 Ribu

"Betul, dua anak itu, Fathia Reza dan Lamia Roro adalah anak kakak saya. Fathia Reza lahir di tahun yang sama dengan anak saya," ujar Rd Setiawati saat dihubungi via ponselnya, Jumat (19/8/2020).

Dalam dakwaan jaksa disebut, kedua anak itu mempercayai soal Sunda Empire yang di‎kisahkan oleh Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum.

Baca: Persiapan Pemisahan Alur Laut Selat Sunda dan Lombok, Kemenhub Gelar Patroli Penegakan Hukum

Hanya saja, Rd Setiawati tidak tahu persis kenapa kedua anak itu tiba-tiba ada di Brunai Darussalam kemudian ditangkap otoritas Malaysia dan ditemukan paspor Sunda Empire.

"Sampai detik ini saya tidak tahu dan sampai detik ini juga saya belum bertemu lagi dengan dua anak itu. Sudah 14 tahun," ujarnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas