Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satu Guru Kena Covid-19, Seluruh Guru di Satu SMP di Garut Diharuskan Tes Swab

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyebut akan melakukan swab test kepada para guru di sekolah tersebut.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Satu Guru Kena Covid-19, Seluruh Guru di Satu SMP di Garut Diharuskan Tes Swab
WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNNEWS.COM, GARUT - Semua guru di sebuah SMP di Garut, Jawa Barat dijadwalkan melakukan tes swab, setelah salah satu gurunya positif Covid-19.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyebut akan melakukan swab test kepada para guru di sekolah tersebut.

"Harus swab test, terutama bagi orang yang kontak erat dengan guru itu. Jangan ada aktivitas juga di sekolahnya," kata Helmi, Kamis (20/8/2020).

Helmi meminta para guru untuk bekerja di rumah. Tugas untuk para siswa, juga bisa diberikan secara daring. Jangan sampai banyak orang datang ke sekolah.

"Kalau pun harus ke sekolah, dibagi saja. Sebagian di rumah, sebagian lagi ke sekolah. Jangan setia hari ke sekolah untuk antisipasi penyebaran juga," ucapnya.

Saat ini, Pemkab Garut tengah gencar melakukan uji swab. Hingga kini sudah ada 11 ribu orang yang telah menjalani uji swab. Sisanya sebanyak 16 ribu orang akan dilakukan hingga bulan Desember.

BERITA TERKAIT

"Per hari target kami bisa 200 orang yang di swab. Kemampuan uji swab itu maksimal 280. Tenggat waktu hasil uji swab itu dua sampai empat hari," ujarnya.

Sekolah tatap muka bagi SMA/SMK pun masih belum ditentukan waktunya. Saat ini Garut masuk zona orange karena kasus positif Covid-19 terus meningkat.

"Kalau sudah jadi zona kuning atau hijau, baru boleh ada tata muka. Nantinya, para guru yang sekolahnya dibuka, juga harus menjalani swab test," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Garut, Totong membenarkan ada salah seorang guru yang positif Covid-19. Guru tersebut terpapar dari luar sekolah.

"Cuma memang ada kontak erat karena yang bersangkutan pernah datang ke sekolah. Kami akan minta untuk diuji swab, terutama orang-orang yang bertemu di sekolah," ucap Totong.

Totong meminta para guru untuk bekerja di rumah. Aktivitas ke sekolah, seminimal mungkin dikurangi. Jangan sampai, sekolah jadi klaster baru penyebaran Covid-19.

"Sudah kami sarankan agar bekerja di rumah saja. Kasih tugas anak-anak secara daring. Apalagi belum ada izin dari gugus tugas membuka sekolah," katanya.

Hingga kini, sudah ada 71 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Garut. Dari jumlah itu, sebanyak 48 kasus dinyatakan sembuh, satu orang isolasi mandiri, 19 isolasi di rumah sakit, dan tiga orang meninggal dunia. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Seorang Guru di Garut Positif Covid-19, Guru-guru Lainnya Harus Swab Test, Sekolah Tak Beraktivitas

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas