Tribun

Kabupaten Malang Punya Alat Pendeteksi Tsunami Terbanyak di Jatim, Ada Seri Terbaru Lebih Termutakir

Kabupaten Malang memiliki jumlah Warning Receiver System (WRS) atau pendeteksi dini gempa dan tsunami generasi terbaru terbanyak di Jatim.

Kabupaten Malang Punya Alat Pendeteksi Tsunami Terbanyak di Jatim, Ada Seri Terbaru Lebih Termutakir
BMKG Karangkates
Kantor Bupati Malang mendapat alat peringatan dini gempa dan tsunami bernama Warning Receiver System atay WRS News Generation. 

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Kabupaten Malang memiliki jumlah Warning Receiver System (WRS) atau pendeteksi dini gempa dan tsunami terbanyak di Jawa Timur.

Wilayah yang memiliki 33 kecamatan itu memiliki empat WRS yang tersebar di beberapa tempat seperti Kantor Bupati Malang, Kepanjen dan Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan.

"Semua rawan tapi Malang ini juga rawan sehingga banyak penempatan di sini (WRS)," kata Kepala BMKB Karangkates, Musripan ketika dikonfirmasi Minggu (27/9/2020). 

Pertimbangan Kabupaten Malang memiliki alat pendeteksi gempat terbanyak karena dinilai rawan terjadi gempa bumi.

BMKG Karangkates juga bertempat di Kabupaten Malang, sehingga turut berkontribusi menghadirkan alat deteksi gempa bumi.

"Karena saya (berkantor) di sini. Jadi pertimbangannya ya karena saya di sini jadi usul lebih banyak di sini. Kalau yang lain ini masih saya usulkan juga tapi masih proses karena ada Covid-19 ini kan anggaran juga berdampak," beber Musripan.

Selain Kabupaten Malang, wilayah lain seperti Banyuwangi, Jember, Lumajang, Blitar, hingga Pacitan juga rawan gempa bumi.

"Sedangkan wilayah lain hanya punya satu atau dua (WRS)," ungkap Musripan.

Musripan menerangkan, Kabupaten Malang punya alat WRS seri terbaru yang lebih mutakhir dari pada seri sebelumnya.

"WRS yang berada di kantor Bupati Malang, adalah alat generasi baru. Kemampuannya mampu mendeteksi dan mengirim sinyal ke WRS secara real-time atau cepat," kata Musripan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Theresia Felisiani
Sumber: Surya Malang
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas