Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Diterima Saudaranya di Jawa, Pria Paruh Baya Ini Kembali ke Enrekang dan Tinggal di Masjid

Nasib malang menimpa seorang pria paruh baya bernama Gunawan, yang terpaksa tinggal di masjid karena tak punya tempat tinggal.

Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Tak Diterima Saudaranya di Jawa, Pria Paruh Baya Ini Kembali ke Enrekang dan Tinggal di Masjid
Tribun-Timur/Muh. Asiz Albar
Seorang lelaki paruh baya, Gunawan terpaksa harus menginap di Masjid Baiturrahman Pinang. Gunawan merupakan warga Salu Dewata, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. (Tribun-Timur/Muh. Asiz Albar) 

TRIBUNNEWS.COM - Nasib malang menimpa seorang pria paruh baya bernama Gunawan.

Ia terpaksa tinggal di Masjid Baiturrahman Pinang, Kelurahan Leoran, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan karena tak punya tempat tinggal.

Gunawan sempat pulang ke kampung halamannya di Salatiga, Jawa Tengah, namun ia tak diterima oleh keluarganya.

Dia kemudian kembali ke Enrekang, namun mantan istrinya juga tak mau menerima.

Berdasarkan indentitas yang tertara di Kartu Tanda Penduduk (KTP) Gunawan tercatat sebagai warga Salu Dewata, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Sudah tiga hari sejak Jumat (9/10/2020) ia terpaksa harus tidur dalam ruang berukuran kecil bersama keranda mayat di masjid tersebut.

Baca: Terbelit Utang, Sekuriti Nekat Merampok dan Aniaya Para Wanita yang Tinggal Sendirian di Rumah

Gunawan (57) menuturkan jika dirinya pernah beristri dan tinggal di Buntu Ampang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

BERITA TERKAIT

Bahkan telah memiliki seorang anak yang dia perkirakan kini telah berusia 16 tahun bernama Arehan.

"Tapi setahun yang lalu saya pulang ke Salatiga, Jawa Tengah pada tahun 2019. Waktu itu saya sudah bercerai dengan istri saya. Saya pulang kampung karena waktu itu saya sakit komplikasi jadi mau berobat," kata Gunawan, Senin (12/10/2020).

Namun setibanya di Jawa, saudara dan keluarganya tak mau menerima Gunawan lagi.

Tak ada pilihan lain terpaksa Gunawan kembali ke Enrekang tempat dimana dia dan keluarganya sudah berpuluh tahun tinggal.

Sayangnya setelah tiba di Enrekang, Gunawan tak langsung pulang ke Anggeraja karena ternyata konon kabarnya istri yang sudah diceraikan Gunawan sejak tahun 2012 itu tak mau lagi menerima kedatangannya.

Gunawan tak punya tempat tinggal
Seorang lelaki paruh baya, Gunawan terpaksa harus menginap di Masjid Baiturrahman Pinang. Gunawan merupakan warga Salu Dewata, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. (Tribun-Timur/Muh. Asiz Albar)

"Terpaksa saya nginap di masjid ini. Kemarin saya dari Dinas Sosial supaya dimasukkan transmigrasi lokal tapi belum ada jawaban. Saya juga diminta untuk mengaktifkan kembali KTP saya jadi penduduk Enrekang lagi," ungkapnya.

Selama berada di masjid, Gunawan hanya mengandalkan bantuan masyarakat sekitar untuk makan dan keperluannya sehari-hari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas