Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Usai Ekspedisi Sangkulirang-Mangkalihat, Ramon Beri Sinyal Kejar Sertifikasi Pemandu Wisata Gua

Terpukau oleh keindahan Gua Tewet dan Gua Sungai di Sangkulirang-Mangkalihat, pada Januari tahun depan

Penulis: Reza Deni
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Usai Ekspedisi Sangkulirang-Mangkalihat, Ramon Beri Sinyal Kejar Sertifikasi Pemandu Wisata Gua
Reza Deni/Tribunnews.com
Ekspedisi Sangkulirang-Mangkalihat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, KUTAI TIMUR -- Setelah menjalani ekspedisi di Karst Sangkulirang-Mangkalihat bersama Kemenparekraf, Sabtu (21/11/2020), aktor sekaligus traveler Ramon Y Tungka memberi sinyal akan mempelajari lebih dalam lagi soal teknik menjelajahi gua.

Menurutnya, hal itu akan berguna baginya jika dia memiliki sertifikasi.

"Memiliki kemampuan lebih dalam lagi tentang caving, bisa membawa saya ke salah satu spot di Indonesia," katanya setelah mencapai Gua Tewet di Karst Sangkulirang-Mangkalihat.

Terpukau oleh keindahan Gua Tewet dan Gua Sungai di Sangkulirang-Mangkalihat, pada Januari tahun depan, Ramon akan mengejar sertikasi tersebut.

"Untuk mempertebal wisata minat khusus, maka saya harus mendalaminya pula, meningkatkan skill teknisnya, bermain dengan tali temali, berada dalam gua segala macam," jelasnya.

"Ya memang insyaallah saya sudah ngobrol dengan pelatih bahwa ya di Januari saya akan ngejar sertifikasinya," sambung Ramon

Baca juga: Kaltim Matangkan Kualitas soal Potensi Ekowisata Karst Sangkulirang-Mangkalihat

Baca juga: Keberadaan Ekowisata harus Disertai Peningkatan Produktivitas untuk Masyarakat Sekitar

Baca juga: Kemenparekraf Memprediksi Ekowisata akan Lebih Diminati Pasca Pandemi Covid-19

BERITA TERKAIT

Wisata minat khusus terutama yang berbasis konservasi memang diakui jadi pilihan Ramon. Ada banyak faktor yang menyertai hal tersebut.

"Proses ekspedisinya, susur sungai, hujan-hujanan, masuk hutan, masih asri masih alami. Ya ini boleh dibilang arah saya memang fokusnya ke arah situ, kemudian disertai tracking dan harus bordering segala macam, climbing, hingga akhirnya tiba enggak hanya melakukan itu saja, tetapi mendapatkan bonus melihat kekayaan ini," kata Ramon

"Ini paket lengkap, Sangkulirang-Mangkalihat ini adalah representasi dari wisata minat khusus, dapat adrenalinnya, dapat tantangannya, bukan menaklukkan alamnya segala macam, tapi menaklukkan diri kita sendiri, juga mendapatkan pengetahuan wawasan baru tentang keilmuan. Jadi paket lengkaplah!" tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas