Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Buka Lapangan Kerja, Rumah Siap Kerja Bangkitkan Pariwisata Lewat Pelatihan Digital Marketing-Ritel

Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu bangkitnya Industri Pariwisata dan penciptaan lapangan kerja di Belitung

Buka Lapangan Kerja, Rumah Siap Kerja Bangkitkan Pariwisata Lewat Pelatihan Digital Marketing-Ritel
IST
Sandiaga Uno di peluncuran kelas kewirausahaan di Rumah Siap Kerja, Sabtu (14/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peningkatan kualitas tenaga kerja, khususnya digitalisasi marketing serta pelatihan ritel menjadi hal terpenting dalam pengembangan industri pariwisata saat ini.

Lewat kedua hal tersebut, industri pariwisata lokal diyakini dapat pulih pasca-resesi imbas pandemi virus corona yang melanda bangsa sejak setahun belakangan.

Optimisme itu disampaikan Sandiaga Uno dalam pembukaan pelatihan yang digelar Balai Latihan Kerja (BLK) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Rumah Siap Kerja secara online pada Senin (30/11/2020).

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona di Bangka Belitung, Gubernur Usulkan Penutupan Bandara dan Pelabuhan

Dipaparkannya, guna meningkatkan perekonomian lokal Bangka Belitung yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), masyarakat harus dibekali dengan sejumlah keterampilan.

Keterampilan tersebut di antaranya manajemen usaha hingga pemasaran produk lokal lewat digital.

Sebab diketahui, Bangka Belitung diketahui merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Baca juga: INDEF: Kawasan Ekonomi Khusus Bisa Ciptakan Lapangan Kerja dan Pemerataan Ekonomi

Sehingga menurutnya, Bangka Belitung memiliki potensi besar untuk dikembangkan yang dapat membawa pariwisata Bangka Belitung ke kancah internasional.

"Untuk merealisasikan potensi ini, di era digital sangatlah penting bagi tenaga kerja untuk terus meningkatkan skill-nya. Dan karena itulah Rumah Siap Kerja bekerja sama dengan Kartu Prakerja memberikan pelatihan serta sertifikasi," jelas Sandi dalam siaran tertulis pada Rabu (2/11/2020).

"Tujuannya untuk membantu Belitung yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus menjadi the next tourist destination di Indonesia, sehingga dapat memajukan laju perekonomian lokal dan mengukirkan namanya di kancah internasional," tambahnya.

Baca juga: Penjelasan Jokowi kepada para Gubernur: UU Cipta Kerja untuk Buka Lapangan Kerja bagi Pengangguran

Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman; Bupati Belitung, H Sahani Saleh; Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Mohammad Rudy serta Kepala Kemitraan dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Regi Wahono.

Sebagai wujud dukungan, Sandi bersama Rumah Siap Kerja memberikan pelatihan kewirausahaan dan peningkatan keahlian demi mewujudkan generasi muda yang selalu siap kerja dan siap usaha.

Bahkan, Sandi mengaku memberikan pelatihan kewirausahaan dan mengajar langsung di Kelas Bisnis Sandiaga Uno

"Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu bangkitnya Industri Pariwisata dan penciptaan lapangan kerja di Belitung," ungkap Sandi.

"Secara khusus, pelatihan ini diharapkan dapat membantu generasi muda Belitung untuk meningkatkan skill dan kualifikasi mereka dalam bidang digital marketing dan pelayanan ritel untuk memperluas kesempatan kerja," jelasnya.

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas