Tribun

Wamen LHK Minta Pendaki Tidak Buang Sampah di Area Gunung Gede Pangrango

Pendaki Gunung Gede Pangrango diminta jadi pendaki yang cerdas, tidak merugikan negara, bertanggungjawab dan mendaki secara legal.

Editor: Theresia Felisiani
Wamen LHK Minta Pendaki Tidak Buang Sampah di Area Gunung Gede Pangrango
puncakku.com
Ilustrasi barisan kemah pendaki di pundak Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong meminta para pendaki di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), untuk senantiasa menjaga kebersihan.

Kata Alue, upaya kesadaran yang harus ditingkatkan para pendaki yakni dengan tidak membuang sampah saat melakukan pendakian.

"Agar para penikmat wisata alam di sini (Gunung Gede Pangrango) bisa mengelola sampahnya dengan baik, tidak membuang sampah sembarang, apalagi sampah yang tidak bisa terurai dengan alam," tutur Alue saat mendatangi Balai Besar TNGGP, Selasa (6/4/2021).

Area camping yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/4/2021).
Area camping yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/4/2021). (Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra)

Hal tersebut dikatakan Alue seraya dengan dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Gede Pangrango sejak 5 Maret 2021 lalu.

Lanjut dia, peningkatan kesadaran untuk tidak membuang sampah saat mendaki juga merupakan upaya menjaga kelestarian alam.

Di mana katanya, apabila kelestarian tersebut dapat terjaga, maka fungsi alam bisa menjadi sarana untuk menyehatkan jasmani maupun rohani masyarakat yang mendatanginya.

"Kalau sampah tidak bisa dikelola dengan baik, bukan jadi forest healing, tetapi jadi forest sicking, malah bisa jadi bikin sakit," ucapnya.

Pintu masuk jalur pendakian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dari kawasan Cibodas, Kabupaten Cianjur. Tribun Jabar/Ferri Amiril
Pintu masuk jalur pendakian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dari kawasan Cibodas, Kabupaten Cianjur. Tribun Jabar/Ferri Amiril (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai Besar TNGGP Wahju Rudianto mengimbau kepada para pendaki Gunung Gede Pangrango untuk menjadi pendaki yang cerdas.

Karena menurutnya, pendaki yang cerdas tidak akan merugikan negara.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas