Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Atlet Basket di Yogya Sulit Mencari Lapangan Berkualitas

Kota besar Yogyakar yang dipenuhi atlet basket dan klub basket ternyata kekurangan lapangan basket berkualitas.

Editor: cecep burdansyah
zoom-in Atlet Basket di Yogya Sulit Mencari Lapangan Berkualitas
Dok. PP Perbasi
Timnas Basket Indonesia 3x3 Putri 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Lapangan basket dengan kualitas baik merupakan hal yang tak bisa ditawar untuk membina atlet, meningkatkan prestasi, maupun fasilitas wajib bagi klub profesional.

Namun, di DI Yogyakarta hingga kini bisa dibilang minim memiliki syarat fasilitas ini. Padahal, wilayah memiliki potensi mumpuni soal regenerasi atlet basket.

Sebelum berangkat ke babak play off Indonesian Basketball League (IBL) 2021, Bima Perkasa Jogja (BPJ) sempat kesulitan menemukan lapangan untuk berlatih yang sesuai standar.

Akhirnya, pilihan BPJ jatuh pada lapangan DBL yang berada di Jalan Magelang. Awalnya mereka kerap berlatih di (Gelanggang Olahraga) GOR Klebangan,  namun lantaran lapangan di sana tidak sesuai standar, mereka pun pindah.

Kapten tim BPJ, Azzaryan Pradhitya menuturkan, di Yogya mereka melihat lapangan yang representatif untuk latihan hanya ada tiga, yakni GOR UNY, GOR Amongraga, dan lapangan DBL.

"Selain dari Amongraga, DBL, dan GOR UNY, lapangannya tidak memehuni syarat. Takutnya kalau kita main di sana rentan cedera," ujar Adit, sapaan akrabnya.

Begitu pula dengan rookie BPJ asal Solo, Samuel Devin mengemukakan, lapangan selain tiga yang disebutkan tadi, tidak sesuai untuk digunakan berlatih. Ia melihat tidak standarnya sebuah lapangan itu dari sisi lantai yang digunakan, tiang, ring, hingga papan pantul.

BERITA REKOMENDASI

"Kita kalau main di sana (lapangan tidak standar) lebih rentan cedera, lapangan (GOR Klebengan) kurang memadai secara flooring, ring, dan lainnya," ucap Devin.

Meski begitu, dia berharap fasilitas GOR Klebengan yang dimiliki Pemkab Sleman itu bisa diperbaiki supaya mendukung untuk latihan pemain profesional, atau anak-anak yang ingin berkembang menjadi atlet basket profesional.

"Semoga bisa terus lebih baik dari semua sisinya," tutup Devin.

Founder BPJ, Edy Wibowo mengatakan, biasanya Bima Perkasa menggunakan lapangan di GOR Klebengan. Namun karena dinilai tidak standar mereka harus mencari lapangan lain supaya dapat berlatih dengan tenang.

"Kita lihat kalau di Klebengan itu, lantainya sudah mengelupas, bahaya buat pemain. Apalagi Coach David Singelton tidak mau melatih kalau lapangannya tidak standar," katanya beberapa waktu lalu.

Sesuai aturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), lapangan basket yang standar material lantainya menggunakan kayu maple pada jenis lapangan parket.

Hal ini bertujuan agar lapangan mampu menahan slip, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan atau terpeleset yang bisa terjadi terhadap pemain di lapangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas