Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Liputan Khusus

Lubuklinggau dan OKi Darurat Pendonor Darah, Stok Tinggal Dua Kantong Golongan O

LubukLinggau dan OKI Sumatera Selatan kekurangan darah. Stok kantong darah di beberapa rumahsakit menipis, bahkan di Lubuklinggau tinggal dua kantong.

Lubuklinggau dan OKi Darurat Pendonor Darah, Stok Tinggal Dua Kantong Golongan O
Tribun Kaltim/Nevrianto Hardi Prasetyo
Di Samarinda, Kalimantan Timur, kegiatan donor darah tetap berlangsung meskipun di musim wabah corona. Minimnya stok darah di Unit Donor Darah di Lubuklinggau karena alasan warga khawatir tertular covid-19. 

 TRIBUNNEWS.COM, LUBUKLINGGAU - Minimnya pendonor pasca lebaran Idul Fitri membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lubuklinggau kosong.

Kondisi serupa hampir terjadi di seluruh daerah di Sumsel. Bahkan di OKU Selatan belum memiliki bank darah.

Sementara di Empat Lawang, RSUDnya masih belum mempunyai Unit Transfusi Darah (UTD).

Petugas PMI Cabang Lubuklinggau, Budi mengatakan kekosongan tersebut hampir untuk semua jenis golongan darah.

"Untuk satu minggu ini hampir semua  stok darah kosong, terakhir kemarin hanya ada dua kantong golongan darah O," kata Budi pada Tribunsumsel.com, Minggu (13/6/2021).

Ia mengungkapkan kekosongan saat ini karena banyak kegiatan belum jalan karena terkendala protokol kesehatan, sehingga sudah sebulan terakhir tidak ada kegiatan sama sekali.

"Ditambah untuk kampung donor belum waktunya, karena waktu donor itu tiga bulan sekali, dalam waktu dekat kegiatan kita ada di Polres Mura dan Polres Lubuklinggau, tapi sejauh ini belum ada kejelasan," ujarnya

Padahal, kebutuhan darah untuk wilayah Lubuklinggau, Musi Rawas (Mura) dan Musi Rawas Utara (Muratara) cukup tinggi, dalam satu bulan mencapai 450-500 kantong darah.

"Dalam sehari untuk rutin mencapai 10-15 kantong per hari, untuk memenuhi permintaan sementara, kami serahkan dengan keluarga yang mempunyai darah yang sama untuk berdonor" ujarnya.

Apabila keluarga yang diminta juga tidak ada, PMI Lubuklinggau akan menghubungi pendonor tetap dan memintanya untuk melakukan donor darah dengan alasan kemanusiaan dan urgen.

Halaman
1234
Editor: cecep burdansyah
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas