Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima TNI Ingatkan 700 Capaja TNI-Polri Tidak Tenggelam di Dunia Digital Sehingga Lupakan Tugas

Dalam kesempatan tersebut Hadi mengingatkan agar mereka tidak tenggelam dalam dunia digital sehingga melupakan tugas mereka.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Panglima TNI Ingatkan 700 Capaja TNI-Polri Tidak Tenggelam di Dunia Digital Sehingga Lupakan Tugas
istimewa
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan pembekalan kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri secara virtual di Ruang Kerja Panglima TNI Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (7/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan pembekalan kepada 700 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri secara virtual di Ruang Kerja Panglima TNI Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (7/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut Hadi mengingatkan agar mereka tidak tenggelam dalam dunia digital sehingga melupakan tugas mereka.

Ia juga mengatakan bahwa Perwira harus dapat beradaptasi dengan berbagai tuntutan tugas dengan manfaatkan kemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi dan media sosial.

Di antaranya untuk dapatkan buku jurnal dan referensi digital guna meningkatkan kemampuan yang profesional.

Baca juga: Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad

“Jadikan teknologi informasi sebagai penunjang keberhasilan tugas, jangan justru sebaliknya tenggelam dalam dunia sendiri dengan berbagai aplikasi digital lupa bahwa ada anggota yang harus dibina, satuan yang harus saudara awaki serta masyarakat yang menunggu dharma bakti kalian,” kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Rabu (7/7/2021).

Ia memgatakan Perwira adalah pemimpin yang berarti mereka akan selalu menjadi panutan dan mercusuar bagi anak buah dalam sikap dan tindakan.

Baca juga: Indonesia dan Rusia Bahas Kerja Sama Produksi Vaksin Sputnik V

BERITA TERKAIT

Menjadi pemimpin, kata dia, berarti siap untuk mengabdi dan melayani serta menjadi contoh teladan selama 24 jam setiap hari.

Hadi juga menyampaikan bahwa sebagai Perwira nantinya dituntut untuk menunjukkan yang terbaik bagi satuan dan anak buah setiap saat, kapanpun dan dimanapun.

Oleh karena itu, kata dia, mereka tidak boleh berhenti belajar dan berlatih.

“Terus tingkatkan dan kembangkan kemampuan diri, buka wawasan dan pengetahuan serta perbanyak membaca buku dan berbagai literatur yang akan membuka wawasan sebagai bekal dalam memimpin,” kata Hadi.

Hadi mengingatkan bahwa TNI-Polri menjadi pilar utama persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kemajemukan negara Indonesia yang kaya.

Baca juga: Ingat 3 Nelayan Aceh yang Dipenjara karena Selamatkan Etnis Rohingya? Ini Kabar Terbarunya

Ia mengatakan berbagai peristiwa besar mulai dari pesta demokrasi secara serentak maupun berbagai event nasional dan internasional dapat berjalan dengan baik.

Demikian pula, kata dia, penanggulangan ancaman terhadap masyarakat baik di Poso maupun di Papua.

“Sinergi TNI-Polri dan komponen bangsa lainnya adalah kunci keberhasilan sebagai bangsa untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan serta bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” kata Hadi.

Diakhir pembekalannya Hadi berpesan kepada Capaja TNI-Polri untuk selalu memberikan dan menunjukkan yang terbaik bagi negara dan bangsa dimanapun bertugas.

Ia pun meminta mereka menjaga soliditas dan sinergi bersama komponen bangsa lainnya sebagai perekat persatuan dan kesatuan untuk menghadapi segala ancaman dan tantangan.

“Kembangkan potensi diri dan segera beradaptasi dengan lingkungan tugas seiring dengan tuntutan di medan penugasan serta berbagai tantangan yang akan kalian hadapi. Ingatlah bahwa untuk menggapai cita-cita harus diperoleh melalui perjuangan dan pengorbanan, Gantungkan mimpi dan cita-cita kalian setinggi-tingginya,” kata Hadi.

Sebanyak700 Capaja TNI-Polri yang akan dilantik berjumlah terdiri dari Akmil 227 Capaja (209 putra dan 18 putri), AAL 101 Capaja (90 putra dan 11 putri), AAU 91 Capaja (82 putra dan 9 putri) dan Akpol 281 orang (248 putra dan 33 putri).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas