Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ridwan Kamil Ungkap Banyak Pasien Covid-19 di Jabar Curhat Tidak Direspon Puskesmas

Mendengarkan curhatan masyarakat akan bisa membuat strategi penguatan program isolasi mandiri bagi pasien Covid-19

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Ridwan Kamil Ungkap Banyak Pasien Covid-19 di Jabar Curhat Tidak Direspon Puskesmas
Foto: Deni/Biro Adpim Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyerahkan secara simbolis obat-obatan dan suplemen vitamin kepada kurir, dan dilanjutkan dengan meninjau ketersediaan obat untuk masyarakat Jabar di Kantor Dinkes Provinsi Jabar, Kota Bandung, Kamis (8/7/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan dirinya kerap mendapatkan curahan hati atau curhat dari warga Jawa Barat yang terpapar Covid-19 melalui media sosialnya.

Beragam curhatan yang disampaikan warga kepadanya, salah satunya adalah mengenai kesulitan mendapatkan respon dari puskesmas.

"Warga curhat banyak banget, pak susah konsultasi Dokter, Puskesmas sibuk enggak direspon, pak gub obat susah mahal susah dicari dua itu," ujar Ridwan Kamil dalam webinar yang digelar CISDI, Senin (12/7/2021).

Mendengarkan curhatan masyarakat, menurut Ridwan Kamil, adalah cara untuk mengetahui strategi penguatan program isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

Baca juga: Hampir 70 Ribu Penderita Covid-19 di Jawa Barat Jalani Isolasi Mandiri

Ridwan Kamil mengungkapkan curhatan itu bahkan mencapai ratusan jumlahnya. Menurutnya, ada masalah sistem dalam program isolasi mandiri.

"Berarti ini sistem, berarti ada ada problem di situ," ucap pria yang akrab disapa Emil ini.

BERITA TERKAIT

Ridwan Kamil akhirnya menghentikan 11 proyek infrastruktur yang bernilai Rp140 miliar untuk dialihkan ke penguatan program isolasi mandiri.

Upaya ini dilakukan agar obat gratis dan fasilitas isolasi mandiri dapat mudah dijangkau masyarakat.

"Makanya akhirnya saya berhentikan infrastruktur yang 11 proyek itu ,senilai 140 miliar.

Akhirnya saya bisa bikin obat gratis, dikirim kemudian didaftarkan pakai aplikasi online. Yang enggak punya HP, kuota nanti RT RW-nya yang mendaftarkan. Jadi semua terjangkau ya," ungkap Ridwan Kamil.

Mantan Wali Kota Bandung ini juga membuka layanan telekonsultasi buat masyarakat yang membutuhkan bimbingan kesehatan saat isolasi mandiri.

"Jadi kalau kita tidak rilis 7 hari program inovatif ini berarti kan ada 25.000 orang isoman yang kebingungan. ini anosmia gimana apakah ini ke RS atau apa kira-kira begitu," kata Ridwan Kamil.

Program ini, kata Ridwan Kamil, sedang  diperbaiki karena baru 50 persen pertanyaan warga yang terjawab. Mengingat dokter yang  bertugas hanya 13 orang.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas