Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

150 Vial Vaksin Moderna Tiba di Probolinggo, 1.928 Nakes Dijadwalkan Menerima Vaksin Dosis Ketiga

Satgas Covid-19 Kota Probolinggo telah melakukan beragam persiapan sebelum pelaksanaan vaksin dosis ke tiga untuk nakes dimulai.

150 Vial Vaksin Moderna Tiba di Probolinggo, 1.928 Nakes Dijadwalkan Menerima Vaksin Dosis Ketiga
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Menghadapi lonjakan penularan Covid-19 yang terjadi saat ini, Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus menggencarkan serbuan ratusan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk membantu akselerasi vaksinasi dan penebalan pelaksanaan PPKM Mikro di wilayah Jabodetabek. Seperti diketahui bahwa TNI sudah mengirim 176 Nakes dari siswa Perwira Prajurit Karir (Pa PK) Angkatan 28 Reguler dan siswa Kursus Tenaga Kesehatan (Susgakes) Angkatan 28B TA 2021 serta ditambah sebanyak 400, jadi kurang lebih ada 600 Nakes yang disebar di wilayah Jabodetabek guna membantu akselerasi vaksinasi dan penebalan pelaksanaan PPKM Mikro, TNI membantu pemerintah dengan mengerahkan Nakes sebanyak mungkin agar herd immunity segera terbentuk guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Danendra Kusuma

TRIBUNNEWS.COM, PROBOLINGGO - Sebanyak 150 vial vaksin Moderna untuk para tenaga kesehatan (nakes) sudah tiba di Kota Probolinggo, Selasa (3/8/2021). Dan tak lama lagi, ribuan nakes di kota dan Kabupaten Probolinggo akan mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, Setiorini Sayekti mengatakan, jumlah nakes yang saat ini siap divaksin dosis ketiga ada 1.928 sasaran.

Adapun syarat bagi nakes untuk bisa menerima vaksin ketiga, di antaranya sudah menerima vaksin dosis pertama dan kedua.

Jarak dari vaksin kedua adalah tiga bulan.

Sementara untuk nakes penyintas Covid-19, jarak vaksin ketiga adalah 3 bulan setelah terkonfirmasi.

"Jumlah ini akan bisa bertambah dengan update dari persyaratan sebelumnya itu," katanya, Kamis (5/8/2021).

Satgas Covid-19 Kota Probolinggo telah melakukan beragam persiapan sebelum pelaksanaan vaksin dosis ke tiga untuk nakes dimulai.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Aman untuk Ibu Menyusui, Si Kecil Pun Menerima Manfaat

Yakni sosialisasi pada fasilitas kesehatan, berkoordinasi dengan organisasi profesi untuk sinkronisasi data, membuat pakta integritas dan pemetaan nakes yang siap divaksin dosis ketiga.

"Rencana pelaksanaan vaksin ke tiga dimulai pekan ini. Dan targetnya harus selesai paling lambat minggu ke-3 Agustus. Harapannya, pekan depan bisa rampung," jelasnya.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr Dewi Veronica menyebut, pihaknya telah menerima vaksin sebanyak 2.660 dosis. Itu untuk vaksinasi dosis ke-tiga para nakes.

Untuk sementara, target nakes yang akan divaksin dosis tiga berjumlah 3.300 sasaran.

"Kami prioritaskan nakes yang bertugas di pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat, utamanya pasien Covid-19," ujarnya. (nen)

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Ribuan Nakes di Probolinggo Bakal Menerima Vaksin Dosis Tiga

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas