Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Banjir Surut Sisakan Lumpur di Rumah Warga Dua Desa Kabupaten Bogor

BPBD setempat mencatat total keluarga terdampak berjumlah 54 KK (255 jiwa), dengan rincian di Kecamatan Parung Panjang 22 KK (80) dan Cigudeg 32 KK

Banjir Surut Sisakan Lumpur di Rumah Warga Dua Desa Kabupaten Bogor
ist
Banjir yang melanda dua desa di wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, telah surut. Banjir yang terjadi pada Senin (9/8), pukul 02.00 WIB, masih menyisakan material lumpur di rumah-rumah warga yang terdampak. Kedua desa berada di kecamatan yang berbeda. 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA – Banjir yang melanda dua desa di wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, telah surut.

Banjir yang terjadi pada Senin (9/8), pukul 02.00 WIB, masih menyisakan material lumpur di rumah-rumah warga yang terdampak. Kedua desa berada di kecamatan yang berbeda.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan, warga membutuhkan peralatan untuk membersihkan material tersebut.

Banjir tersebut berdampak di Desa Dago Hilir yang terletak di Kecamatan Parung Panjang dan Desa Rengasjajar di Kecamatan Cigudeg. Laporan BPBD pada hari ini, Selasa (10/8) mencatat adanya pengungsian di Desa Rengasjajar dengan jumlah 25 KK atau 95 jiwa.

BPBD setempat mencatat total keluarga terdampak berjumlah 54 KK (255 jiwa), dengan rincian di Kecamatan Parung Panjang 22 KK (80) dan Cigudeg 32 KK (175).

Sedangkan dampak material, BPBD mencatat 22 unit rumah terdampak dan 1 jembatan penghubung antara Kampung Dago Hilir dan Dago Girang terputus di Kecamatan Parung Panjang. Dampak banjir di Kecamatan Cigudeg menyasar 32 unit rumah dan 1 unit fasilitas pendidikan.

Baca juga: Gubernur Anies Lanjutkan Program Pengendalian Banjir, Ditargetkan Satu Tahun Rampung

Banjir pada dua kecamatan tersebut dipicu salah satunya hujan dengan intensitas tinggi dan berdurasi panjang. Hujan mengakibatkan debit air Sungai Manceri di Parung Panjang dan Sungai Cingdangder di Cigudeg meluap.

Saat banjir terjadi, tinggi muka air Desa Dago Hilir di wilayah Parung Panjang mencapai 100 cm dan Desa Rengasjajar di Cigudeg 150 cm.

Merespons banjir di wilayahnya, tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Bogor telah berkoordinasi dengan aparat desa maupun kecamatan setempat. Pihaknya juga melakukan kaji cepat di lokasi terdampak banjir.

Baca juga: Setelah Menteri Sandiaga Uno, Bupati Bogor Juga Komentari Bendera Putih di Wilayahnya

Berdasarkan analisis inaRISK, kedua kecamatan tersebut termasuk 37 wilayah di Kabupaten Bogor dengan potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi.

Di samping potensi bahaya banjir, Kecamatan Parung Panjang dan Cigudeg memiliki potensi tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi.

Pada peringatan dini cuaca BMKG, wilayah Jawa Barat tidak terpantau adanya potensi hujan dengan intensitas lebat pada hari ini hingga esok hari.

Penulis: Yulis
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas