Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Muhaimin Iskandar: Indonesia Seharusnya Sudah Lama Berdaulat Pangan

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar pembangunan pertanian harus menjadi program prioritas pemerintah.

Muhaimin Iskandar: Indonesia Seharusnya Sudah Lama Berdaulat Pangan
Kementan
Ilustrasi masa panen raya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesejahteraan petani menjadi persoalan serius bangsa ini. Rata-rata petani di Indonesia masih hidup jauh dari kata sejahtera. Padahal, negeri ini memiliki segalanya di bidang pertanian.

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar pembangunan pertanian harus menjadi program prioritas pemerintah.

Hal itu disampaikan Gus Muhaimin saat memberikan sambutan pada kegiatan bertajuk ”Kebangkitan Tani Indonesia: Restruktrusisasi Ekonomi Indonesia Berbasis Pertanian; Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia” yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-7 Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) secara virtual, Kamis (23/9/2021).

”Indonesia seharusnya sudah lama berdaulat karena semua prasyarat kedaulatan pangan kita miliki, seperti luasan wilayah, infrastruktur pendukung, dan sumber daya manusianya,” ujar Gus Muhaimin.

Baca juga: Jika Benar Coki Pardede Lakukan Penyimpangan Seksual, Firsabila Bebaskan Kekasihnya Memilih

Gus Muhaimin mengatakan, selama ini pembangunan pertanian selalu menjadi program prioritas setiap rezim pemerintahan.

Sayang, surplus pangan tidak selalu sejalan dengan peningkatan pendapatan para petani.

”Pendapatan rumah tangga tani selalu berada di bawah sehingga para generasi muda emoh (tidak mau) lanjutkan pekerjaan orang tuanya dan beralih ke sektor lainnya,” katanya.

Mengacu pada hasil Sensus Penduduk 2020 yang baru, saat ini jumlah penduduk Indonesia mencapai 270,20 juta jiwa atau bertambah 32,56 dibanding sensus sebelumnya.

Sebagai negara berpenduduk besar, kata Gus Muhaimin, seharusnya bangsa ini mampu menjawab persoalan mendasar yaitu pangan.

Baca juga: Legislator PKS Dorong Anggaran Pertanian Ditingkatkan Guna Wujudkan Kemandirian Pangan

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas