Tribun

22 Wisatawan Jakarta Terjebak di Waduk Jatiluhur: Salah Arah Karena Angin

Sebanyak 22 orang wisatawan terjebak eceng gondok saat berwisata di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Editor: Erik S
22 Wisatawan Jakarta Terjebak di Waduk Jatiluhur: Salah Arah Karena Angin
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Nakhoda perahu pengangkut wisatawan yang terjebak eceng gondok di Waduk Jatiluhur, Guing ketika ditemui di Dermaga Serpis, Senin (18/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Sebanyak 22 orang wisatawan terjebak eceng gondok saat berwisata di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Minggu (17/10/2021) petang.

Gundukan eceng gondok tersebut kerap kali menjadi masalah bagi para nakhoda, petambak ikan, nelayan serta wisatawan di wilayah Jatiluhur.

Peristiwa terjebaknya rombongan wisatawan tersebut bukan kali pertama terjadi.

Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyebangan (ASDP) Jatiluhur Atim Priantono mengatakan, rombongan tersebut merupakan wisatawan asal Jakarta yang memancing di wilayah Cipariuk sektor I Waduk Jatiluhur.

Baca juga: Bercanda Berujung Duka, ABG asal Tasikmalaya Tewas Tenggelam di Depan Mata Teman-temannya

"Mereka menyeberang dari Dermaga Serpis, menyeberang ke wilayah Cipariuk untuk memancing di kolam ikan, rombongan itu ada dua perahu berangkat siang sekitar pukul 14.00 WIB," ujar Atim ketika ditemui Tribun di Kantor ASDP Jatiluhur, Senin (18/10/2021).

Ia menjelaskan, rombongan tersebut niat pulang atau menyeberang kembali ke dermaga Serpis di sore hari.

Namun arah angin berubah ke arah barat mendorong hamparan eceng gondok ke wilayah Cipariuk.

"Jadi eceng itu sebenarnya terdorong angin, karena arah angin ke barat terdorong ke wilayah Ciparuk tempat di mana mereka memancing," kata dia.

Baca juga: Meski Mendung, 50 Warga Gelar Doa di Lokasi Tenggelamnya 11 Siswa, Ketua RW: Semoga Tidak Terulang

Tercatat sebanyak lima orang di antara rombongan wisata tersebut merupakan anak-anak, diketahui saat terjebak mereka sudah kehabisan bekal dan perahu yang ditumpangi kehabisan bahan bakar akibat mencoba menerobos hamparan eceng gondok.

Nakhoda perahu Muhammad Soleh atau yang akrab disapa Guing mengatakan, ia mengantar rombongan tersebut pada Minggu siang, direncanakan kembali ke Dermaga Serpis pada pukul 17.00 WIB.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas