Tribun

Jelang World Superbike, Basarnas Gelar Gladi Simulasi Penanganan di Sirkuit Mandalika

Simulasi diawali dengan evakuasi medis udara korban ke RSUP NTB menggunakan helikopter HR-3603.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jelang World Superbike, Basarnas Gelar Gladi Simulasi Penanganan di Sirkuit Mandalika
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Basarnas kembali menggelar gladi simulasi healthy, safety, and security protocol Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, NTB, pada, Minggu (6/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -  Basarnas kembali menggelar gladi simulasi healthy, safety, and security protocol Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, NTB, pada, Minggu (6/11/2021).

Simulasi diawali dengan evakuasi medis udara korban ke RSUP NTB menggunakan helikopter HR-3603.

"Simulasi ini untuk lebih meyakinkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri bahwa Mandalika sangat recomended untuk dikunjungi. Protokol kesehatan, keselamatan, dan keamanan telah diterapkan dengan sangat baik," kata Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Agus Haryono didampingi Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit dalam siaran pers Basarnas.

Terlebih, menurutnya akan digelar World Superbike Championship 2021 seri ke-13 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB, pada Minggu, (21/11/2021). Gelaran tersebut diprediksi akan menarik banyak wisatawan.

Baca juga: BMW Indonesia Resmi Jadi Official Mobility Partner Mandalika Grand Prix Association

Dalam simulasi yang dilakukan terdapat 3 skenario yang telah dirancang oleh Basarnas.

Skenario pertama, terjadi kecelakaan bus pariwisata.

Skenario kedua, terkait kondisi membahayakan manusia.

Skenario ketiga, evakuasi medis udara menggunakan HR-3603 Basarnas ketika terjadi kecelakaan di arena Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Kita semua tidak pernah berharap akan ada kecelakaan, bencana, atau kondisi membahayakan manusia di Mandalika, khususnya saat balapan berlangsung. Namun, jika hal itu terjadi, seluruh stakeholder yang ada di Mandalika siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya para wisatawan yang tengah berkunjung," katanya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas