Tribun

Erupsi Gunung Semeru

Polri Gelar Operasi Kemanusiaan Aman Nusa II Bantu Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat perintah nomor: Sprin/XII/OPS.2./2021 untuk menggelar operasi kemanusiaan.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
Polri Gelar Operasi Kemanusiaan Aman Nusa II Bantu Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral untuk membahas soal antisipasi potensi lonjakan Covid-19 saat perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat perintah nomor: Sprin/XII/OPS.2./2021 untuk menggelar operasi kemanusiaan Aman Nusa II dalam rangka menanggulangi bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sigit mengungkapkan, pada Sprin tersebut Korps Bhayangkara akan mengerahkan personelnya untuk membantu para warga yang menjadi korban atau terdampak dari bencana alam tersebut.

"Segala unsur kekuatan terbaik yang dimiliki Polri dikerahkan untuk membantu warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru. Seluruh sarana dan prasarana kami maksimalkan guna meringankan beban masyarakat," kata Sigit dalam keterangan, Minggu (5/12/2021).

Dalam operasi kemanusiaan ini, Sigit menyebut, Polri mengerahkan 945 personel gabungan yang diterjunkan dari Pelopor Korbrimob dan Satbrimob Polda jajaran. 

Tak hanya itu, sebanyak enam ekor anjing K-9 juga telah dikirim ke lokasi bencana alam. 

Lebih jauh kata Sigit, Polri juga mengerahkan peralatan dan kendaraan terkait bencana alam erupsi itu. 

Adapun peralatan dan kendaraan yang dimaksud yakni, mobil SAR, mobil dapur lapangan, mobil reapiter, mobil water treatment, ambulance serta satu Helikopter juga telah dikirimkan dan siap beroperasi di lokasi bencana.

Baca juga: Presiden Perintahkan Pelayanan Kesehatan dan Kebutuhan Pengungsi Erupsi Semeru Secepat Mungkin

"Semua personel, peralatan maupun kendaraan yang dikerahkan, dipastikan siap menghadapi kondisi di lapangan. Pelayanan kesehatan dan dapur umum darurat kami telah siapkan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Sigit. 

Selanjutnya, kata Sigit, tim Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri juga telah menyiapkan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Lumajang, RS Bhayangkara di Batu, Kediri dan Bondowoso sebagai posko korban erupsi Gunung Semeru

Halaman
123
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas