Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jatinangor Sumedang Bakal Bebas Macet

Seksi 1 Tol Cisumdawu ini telah lulus uji laik fungsi sambil menunggu proses pembangunan Seksi 2 sampai Seksi 6.

Editor: cecep burdansyah
zoom-in Jatinangor Sumedang Bakal Bebas Macet
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menekan tombol serine saat meresmikan Pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi 1 di Interchange Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022). Tol Cisumdawu Seksi 1 merupakan bagian dari pengerjaan proyek Tol Cisumdawu yang terbagi dalam 6 seksi dari Cileunyi (Gerbang Tol Cileunyi), di Kabupaten Bandung hingga Pamulihan (Gerbang Tol Rancakalong) di Kabupaten Sumedang dengan bentang panjang 11,45 kilometer. Seksi 1 ini siap dioperasikan mulai 25 Januari 2022 pada pukul 06.00 WIB dan digratiskan selama 2 minggu. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 1 dibuka dan dioperasikan, Senin (24/1).

Peresmian pengoperasian Seksi 1 ini dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Gubernur Jabar Ridwam Kamil.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono, mengatakan Seksi 1 Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi dan Rancakalong ini memiliki panjang 11,45 kilometer, terdiri atas Fase 1 sepanjang 0,88 kilometer dan Fase 2 sepanjang 10,57 kilometer.

"Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong rencananya Senin (24/1) jam 15.00 WIB. Itu agenda pemerintah pusat," katanya melalui ponsel, Minggu (23/1).

Ia mengatakan Seksi 1 Tol Cisumdawu ini telah lulus uji laik fungsi sambil menunggu proses pembangunan Seksi 2 sampai Seksi 6.

Ia mengatakan pengoperasiannya dirapatkan Kementerian PUPR pada Minggu (23/1) petang.

"Termasuk berapakah tarif tol di Seksi 1 ini atau apakah gratis dulu, itu masih dibahas dalam rapat sore ini. Namun, yang jelas, ini sudah lulus uji laik fungsi dan siap dioperasikan Senin," katanya.

BERITA TERKAIT

Ia berharap pengoperasian tol ini akan mengurai kemacetan di jalur utama Jatinangor-Tanjungsari yang sering mengalami kepadatan lalu lintas bahkan kemacetan pada waktu-waktu tertentu.

"Yang jelas bisa bantu mengurai kemacetan di Tanjungsari, yang terus-terusan macet di Jatinangor juga," katanya.

Tol Cisumdawu memiliki panjang total 61,71 kilometer. Terdiri atas Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,71 kilometer, yang target pengerjaan konstruksinya sudah 100 persen.

Kemudian Seksi 2 Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 kilometer, yang seluruhnya baru rampung April 2022.

Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer target pekerjaan konstruksinya telah selesai 100 persen.

Seksi 4 Cimalaka-Legok memiliki panjang 8,2 kilometer dengan target pekerjaan konstruksi rampung pada Juni 2022.

Seksi 5 Legok-Ujungjaya memiliki panjang 14,9 kilometer dan ditargetkan rampung Juni 2022. Terakhir, Seksi 6 Ujungjaya-Dawuan sepanjang 6,06 kilometer akan rampung pada Maret 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas