Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Kita Ini Kayak Koboy, Saya Senang dan Antusias

Jadi ada semangat juga karena unik Presiden kita ini, kayak koboy juga, jadi saya senang.

Editor: cecep burdansyah
zoom-in Presiden Kita Ini Kayak Koboy, Saya Senang dan Antusias
Tribun Jabar/Deni Denaswara
PENGERJAAN PATUNG - Pekerja tengah melakukan proses pengelasan saat pembuatan patung Jokowi Naik Motor di komplek Galeri Nu Art, Setraduta, Bandung, Rabu (2/2/2022). Target pengerjaan patung ini kurang lebih satu bulan lebih, dan nantinya patung ini akan di pajang di kawasan Sirkuit Balap Internasiona Mandalika, Lombok Tengah. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - NAMA I Nyoman Nuarta identik dengan patung. Karya seniman besar asal Bali yang memilih tinggal di Bandung ini sudah beterbaran di banyak tempat.

Terbaru, bersama timnya ia tengah merampungkan pembuatan patung Presiden Jokowi tengah mengendarai sepeda motor.

Rencananya, patung yang hampir tuntas dikerjakan itu bakal dipasang di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).




Berikut wawanncara eksklusif jurnalis Tribun Jabar, Nazmi Abdurrahman dengan Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park, museum galeri miliknya di Jalan Setraduta, Kota Bandung, belum lama ini.

Bagaimana ceritanya Anda bisa membuat patung Presiden Joko Widodo naik sepeda motor?

Begini, itu saya mendapat telepon dari Ibu Dirjen PU, beliau memerlukan patung temanya Pak Jokowi pakai motor.

Saya antusiasnya begini, jarang-jarang Presiden naik motor, yang  ada kan naik mobil. Jadi ada semangat juga karena unik Presiden kita ini, kayak koboy juga, jadi saya senang.

BERITA TERKAIT

Kebetulan, saya juga sudah beberapa kali bikin patung yang naik motor, sekarang kebetulan ada di Beijing, jadi kita hapal bikin buatnya.

Cuma, karena ini outdoor, kawasan terbuka di Mandalika, jadi saya harus membuat patung ini agak besar, kurang lebih dua kali dari aslinya.

Ban motornya itu segede ban truklah, supaya tercapai tidak ditelan sama lingkungannya yang besar. Tingginya sekitar lima meter dan panjanganya sekitar enam sampai tujuh meter. 

Ide patungnya dari siapa?

Karena itu lokasinya tempat balap motor, dari Pak Menteri idenya ke sana, Pak Jokowi juga sudah pernah pakai motor muter di sana, saya cocok juga tuh dengan ide itu.

Presiden naik motor itu unik banget, saya belum pernah denger tuh. Di Amerika ada, Presiden naik kuda, kalau naik motor kayaknya baru Presiden kita nih. Kita ingin mengerjakannya dengan tulus, mau dipakai atau tidak, itu tidak masalah. 

Berapa lama pengerjaannya?

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas