Tribun

Kelompok Bersenjata di Papua

Korps Marinir TNI AL Hormati Keputusan Keluarga Praka Wilson Anderson yang Menolak Pemakaman di TMP

Acara pemakamannya akan dilakukan secara kedinasan militer bagi seorang prajurit dan tempat pemakamannya telah disiapkan oleh keluarga almarhum.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Korps Marinir TNI AL Hormati Keputusan Keluarga Praka Wilson Anderson yang Menolak Pemakaman di TMP
Pos Kupang/Christin Malehere
Ibu kandung Pratu Wilson Here, Josovina Kadja (tengah) menangis saat jenazah anaknya tiba di rumah duka Jalan Oeklipi RT 16 RW 06 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Senin 28 Maret 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Dinas Penerangan Lantamal VII, Letnan Aris mengungkapkan tempat pemakaman jenazah Praka Wilson Anderson Here menjadi hak sepenuhnya dari keluarga.

Sedangkan Korps Marinir TNI-AL berkewajiban memfasilitasi kepulangan jenazah Praka Marinir Wilson Anderson Here dari Papua ke kampung halamannya di Kupang.

Aris mengatakan Korps Marinir TNI-AL menghormati keinginan keluarga Praka Wilson Here yang menolak pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) sehingga menyerahkan semuanya kepada keluarga.

Meski demikian, acara pemakamannya akan dilakukan secara kedinasan militer bagi seorang prajurit dan tempat pemakamannya telah disiapkan oleh keluarga almarhum.

"Korps Marinir TNI-AL hanya memfasilitasi dan membantu meringankan beban keluarga untuk memenuhi keperluan dari Praka Wilson Here yang telah gugur di Medan tugas," ujarnya.

Sebelumnya, ayah kandung Praka Wilson Anderson Her, Karel Here mengatakan pihak TNI-AL telah mendatangi keluarga sebanyak tiga kali untuk meminta kepada keluarga agar memakamkan jenazah Praka Wilson di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharmaloka.

Menurut pihak TNI-AL, Praka Wilson telah gugur dalam tugas operasi di Papua, sehingga mendapatkan penghargaan dari negara berupa kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya Pratu Marinir menjadi Praka Marinir (Anumerta).

Atas dasar itu, negara memberikan hadiah berupa pemakaman jenazah Praka Wilson di komplek TMP Dharmaloka.

Baca juga: Aksi KKB andaskan Rencana Pratu Wilson Here Kenalkan Calon Istri kepada Keluarga Besarnya di Kupang

"Kami mendapatkan tawaran dari instansi TNI-AL sebanyak tiga kali untuk memakamkan jenazah Praka Wilson di TMP Dharmaloka, akan tetapi keluarga menolak karena tidak ingin jauh dari Wilson," ungkap Karel.

Pertimbangan keluarga, apabila jenazah Wilson dimakamkan di TMP Dharmaloka, maka keluarga akan kesulitan untuk berziarah ke makamnya yang tidak dibuka setiap saat.

"Jika di TMP Dharmaloka maka kunjungan ziarah dibatasi, hanya waktu-waktu tertentu saja, sedangkan jika di pekarangan belakang rumah, kami setiap hari dapat mengenang, termasuk membakar lilin dan menabur bunga di makamnya, artinya nisan dari Praka Wilson tetap kami kenang selalu tanpa batas waktu dan tempat," ujar Karel.

Terkait pelaksanaan pemakaman akan dilakukan secara kedinasan militer dari Instansi TNI-AL di tempat pemakaman yang telah disiapkan oleh keluarga.

Pratu Wilson Anderson Here menjadi korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu 26 Maret 2022 malam.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas