Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Lakukan Olah TKP Awal Selidiki Penyebab Pasti Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya

Kepolisian mulai melakukan investigasi penyebab kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Polisi Lakukan Olah TKP Awal Selidiki Penyebab Pasti Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (13/4/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Kepolisian mulai melakukan investigasi penyebab kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur.

Terlihat sejumlah orang berpakaian oranye bertuliskan Inafis mulai melakukan serangkaian tahapan olah tempat kejadian perkara (TKP) di halaman depan gedung yang terbakar tersebut.

Beberapa di antara mereka terpantau memasuki bangunan mall yang saat itu dalam keadaan gelap gulita, sekitar pukul 20.38 WIB.

Kemudian, ada pula yang melakukan aktivitas pemotretan terhadap beberapa sisi komponen bangunan mall.

Kemudian, beberapa orang lainnya, ada yang melakukan pemantauan menggunakan alat bantu senter ke arah lantai yang terbakar.

Ternyata, sejumlah orang yang berpakaian Inafis tersebut, dikomandoi seorang perwira, AKBP Mirzal Maulana, yang merupakan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Baca juga: Kebakaran Berhasil Diatasi, Tunjungan Plaza Surabaya Masih Keluarkan Asap Putih

Mengenakan kemeja lengan pendek warna putih, Mirzal sesekali memberi komando kepada anggotanya mendekati beberapa bagian bangunan gedung untuk mengambil dokumentasi foto.

BERITA REKOMENDASI

Kuat diduga Mirzal sedang melakukan proses olah TKP awal terhadap bangunan mall yang terbakar pada pukul 17.30 WIB, Rabu (13/4/2022) itu.

Sementara itu, Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya, bakal dikerahkan untuk melakukan investigasi atas kebakaran di sebuah lantai Gedung Tunjungan Plasa (TP) 5.

Rencananya, Puslabfor bakal melakukan prosesnya investigasi pada Kamis (14/4/2022), sekitar pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Puslabfor Mabes Polri Diturunkan Selidiki Penyebab Pasti Kebakaran di Mal Tunjungan Plaza Surabaya

Melalui serangkaian tahapan investigasi tersebut. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep berharap, penyebab pasti kebakaran bangunan gedung TP 5 tersebut, dapat terkuak.

"Tadi secara jelas sudah disampaikan oleh bapak Wali Kota di Tunjungan Plaza yang tempatnya dilakukan penelitian Puslabfor besok pagi (hari ini) pukul 08.00 WIB," ujar Yusep, saat ditemui awak media di lokasi, Rabu (13/4/2022).

Sejak awal laporan insiden kebakaran tersebut masuk ke pihak Polrestabes Surabaya melalui Command Center 112.

Yusep mengatakan, pihaknya beserta TNI, dan anggota tim penyelamatan dari jajaran samping Pemkot Surabaya berjibaku memadamkan api hingga melakukan proses evakuasi terhadap pengunjung mall tersebut.

Baca juga: Kesaksian Pengunjung saat Tunjungan Plaza 5 Kebakaran: Pas Buka, Ada Pemberitahuan dan Semua Panik

Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Pihaknya juga telah menyiagakan personel dari jajaran polsek, dan Polres untuk melakukan serangkaian tahapan pengamanan area dan rekayasa lalu lintas.

"Kami akan menyesuaikan kebutuhan, yang pasti kami akan profesional di ruang yang menjadi permasalahan sehingga tidak menganggu aktivitas ekonomi di Mall Tunjungan ini sendiri," pungkasnya.

Penulis: Luhur Pambudi

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Polisi Olah TKP Awal di Tunjungan Plaza Surabaya Pasca Terbakar, Bakal Gelar Investigasi

Sumber: Tribun Jatim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas