Tribun

WNA Pekerja di Proyek PLTU Aceh Pakai Seragam Mirip Militer Cina, Kepala Imigrasi: Itu Seragam Buruh

seorang Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap 3-4 di Nagan Raya memakai pakaian mirip militer Cina viral.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in WNA Pekerja di Proyek PLTU Aceh Pakai Seragam Mirip Militer Cina, Kepala Imigrasi: Itu Seragam Buruh
tangkapan layar dari video viral
Seorang WNA di PLTU 3-4 Nagan Raya memakai seragam mirip militer Cina, Minggu (17/4/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Sebuah video memperlihatkan seorang Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3-4 di Nagan Raya memakai pakaian mirip militer Cina viral di media sosial.

Video berdurasi tujuh detik itu sempat heboh di Nagan Raya dan Aceh umumnya sejak Minggu (17/4/2022) malam hingga Senin (18/4/2022). 

Dalam video itu terlihat seorang WNA berpakaian loreng atau mirip seragam militer Cina.

Dalam video juga terlihat sejumlah orang yang lokasi di kompleks PLTU 3-4 di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir Nagan Raya.

Video tersebut menyebar dengan cepat di media sosial dan pesan whatsApp (WA). 

Terkait video itu, sejumlah warga di Nagan Raya berharap perlu klarifikasi sehingga informasi tentang video tidak simpang siur.

Humas PT MPG, Rian selaku perusahaan yang membangun PLTU 3-4 dan mendatangkan pekerja WNA yang coba dikonfirmasi ke Hp biasa digunakan, belum menjawab.

Namun, pihak Imigrasi Meulaboh juga sudah meastikan video ke pihak PLTU, bahwa WNA itu bukan militer, tetapi hanya buruh di PLTU tersebut.

Baca juga: Pakar Cina Ungkap Platform Beehive, Senjata Siber CIA buat Mata-matai Dunia

Bahkan, Imigrasi Meulaboh yang menangungi WNA sudah berkoordinasi dengan Kodim 0116 Nagan Raya, pihak pengamanan dan PT Meulaboh Power Generation (MPG) selaku pihak rekanan yang mendatangkan WNA itu. 

"Ia (WNA) itu buruh. Bukan tentara Cina. Cuma iseng saja dia pakai pakaian itu," kata Kepala Imigrasi Meulaboh, Azhar kepada Serambinews.com, Senin (18/4/2022).

Menurut Azhar, pakaian yang dipakai seorang WNA yang terlihat di dalam video yang viral tersebut merupakan pakaian buruh di negara asalnya Cina.

"Setelah kita cek dan klarifikasi termasuk koordinasi dengan Kodim bahwa pakaian itu bukan pakaian militer Cina. Tapi pakaian buruh di negara Cina," katanya.

Dikatakan, pakaian itu dibawa oleh WNA itu ketika datang ke Indonesia sebagai pekerja membangun PLTU 3-4 Nagan Raya. 

Selama ini disimpan dan tiba-tiba dipakai pada Minggu ketika berdiri di pos pengamanan di kompleks PLTU 3-4, sehingga direkam seseorang dan menyebarlah video dan menjadi heboh.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas