Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Turis Domestik Menurun, Turis Asing Naik Drastis, Ribuan Warga Negara Australia Kunjungi Bali

Saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali mencapai 4 ribu per hari. Dari semua itu 60 persen merupakan WN Australia.

Editor: cecep burdansyah
zoom-in Turis Domestik Menurun, Turis Asing Naik Drastis, Ribuan Warga Negara Australia Kunjungi Bali
Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf
Turis asing di sawah berundak Ubud, Bali 

TRIBUNNEWS.COM, MANGUPURA - Tingkat kunjungan wisatawan domestik ke Bali kini semakin menurun, namun kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) menunjukkan tren peningkatan.

Bahkan saat ini wisatawan asal Australia yang mendominasi jumlah kunjungan tersebut.

Hal itu lantaran warga negara Australia memang pasarnya Bali. Mengingat jarak Australia ke Bali tidak begitu jauh.

Hal itu dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya kepada Tribun Bali, Rabu (11/5).

"Sekarang yang mulai meningkat kunjungan wisatawan yakni kunjungan wisatawan mancanegara. Dari awalnya puluhan, menjadi ratusan dan kini ribuan," ujarnya.

Bahkan katanya saat ini kunjungan wisatawan didominasi warga negara Australia. Bahkan dari 4 ribu jumlah kunjungan wisatawan mancanegara per hari, 60 persen merupakan warga negara Australia.

"Pertama, Bali merupakan destinasi wisata yang paling dekat. Selain itu juga juga dianggap lebih murah dari pada mereka berlibur ke luar daerah selain Bali," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Diakui, untuk wisatawan Australia, Bali merupakan rumah ke dua, dari negaranya sendiri. Mengingat selain mereka berlibur di negaranya sendiri, Bali memang menjadi tujuan utama.

"Kalau ke Bali wisatawan Australia cuma 3 Jam. Beda dengan Melbourne mencapai 4,5 jam, sehingga jatuhnya lebih murah," tegasnya.

Dijelaskannya, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali mencapai 4 ribu per hari.

Dari semua itu 60 persen merupakan WN Australia. Selanjutnya disusul Eropa dan Asia.

"Sementara untuk China, mereka belum buka, karena kasus Covid masih tinggi. Bahkan mereka masih lock down," jelasnya sembari mengatakan, kalau kondisi normal, China itu kontribusinya urutan kedua setelah Australia.

Kendati demikian, pihaknya mengaku dengan bertumbuhnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali, tentu akan berpengaruh pada tingkat hunian hotel. Bahkan saat ini, akunya, mencapai 40 persen dari 60 persen sebelumnya saat libur Lebaran.

"Karena wisatawan domestik yang berkurang, sehingga, mempengaruhi tingkat hunian hotel," imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas