Tribun

ALTI Jawa Barat Gelar Kejurda, Jaring Atlet Road to Kejurnas di Palu

Kejurda ini digelar untuk mempersiapkan dan menjaring atlet mengikuti Kejurnas ALTI pada 19 Juli di Palu, Sulawesi Tengah

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in ALTI Jawa Barat Gelar Kejurda, Jaring Atlet Road to Kejurnas di Palu
Istimewa
Pengurus Provinsi (Pengprov) Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Jawa Barat menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Road to Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Wall Climbing Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (15/5/2022) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG  - Pengurus Provinsi (Pengprov) Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Jawa Barat menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Road to Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Wall Climbing Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (15/5/2022) pagi.

Ada 99 peserta yang mengikuti seleksi di tiga kategori, yakni 10 KM (vertical), 30 KM (pendek) dan 50 KM (jauh).

Mereka yang berasal dari Kota dan Kabupaten di Jawa Barat ini, sejak pagi terlihat antusias.

Ketua Umum ALTI Bima Arya didampingi Ketua Harian ALTI, Muhammad Farhan, Plt. Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan dan Ketua Pengprov ALTI Jawa Barat, Mohamad Pulung Arbiarto melakukan flag off sebagai tanda dimulainya even lari melintasi alam bebas atau trail running ini.

Ketua Pengprov ALTI Jawa Barat, Mohamad Pulung Arbiarto mengatakan, Kejurda ini digelar untuk mempersiapkan dan menjaring atlet mengikuti Kejurnas ALTI pada 19 Juli di Palu, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Fakta Kekalahan Indonesia di Final Thomas Cup 2022: Label Juara Bertahan yang Gagal Dipertahankan

"Harapannya bisa menjaring 20-30 atlet untuk Kejurnas," kata dalam keterangan yang diterima.

Menurutnya, peserta yang mendaftar Kejurda Jawa Barat ini sangatlah antusias.

Namun dari 122 peserta yang mendaftar, ada total 99 peserta yang hadir.

"Alasannya mereka yang tidak datang karena tidak antisipasi long weekend. Itu saja kendalanya," sebutnya.

Ketua Umum ALTI, Bima Arya menyatakan, Kejurda di Jawa Barat ini terlihat yang paling heboh dan antusias se-Indonesia.

"Insya Allah kalau melihat komposisi seperti ini rasa-rasanya kalau target Jabar Juara sangat memungkinkan," katanya.

Dia mengaku merasa senang melihat persiapan Kejurnas nanti. Tercatat, sudah ada kepengurusan yang terbentuk dengan cepat di 14 provinsi. 

Bahkan, 9 daerah sudah mengirimkan atletnya.

"Sejak saya dan Kang Farhan dilantik Februari lalu sampai hari ini sudah ada 14 kepengurusan, diluar dugaan antusiasmenya. Target hanya 15, 20 Insya Allah akhir tahun, kalau seperti ini pasti terlampaui," ujar Wali Kota Bogor ini.

Bima Arya mengucapkan terima kasih kepada Ketua ALTI Jawa Barat, Plt. Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan yang juga Pembina ALTI dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mendukung.

Ketua Harian ALTI, Muhammad Farhan mengaku awalnya tidak memiliki gambaran lari trail. Namun setelah beberapa bulan berjalan ALTI menggeliat luas.

"Mudah-mudahan di Kejurnas nanti bisa sukses dan Jawa Barat bisa berpartisipasi dengan menorehkan prestasi nasional, karena prestasi nasional tidak bisa dicapai tanpa prestasi di daerah," jelasnya.

Anggota DPR RI ini berharap Kejurda Jawa Barat ini bisa menjadikan persaingan yang lebih kompetitif dengan provinsi lain saat Kejurnas nanti digelar.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas