Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jungkir Balik Gibran Naikkan Pertumbuhan Ekonomi Solo: 'Waktu Dilantik Keadaan Serba Susah'

Baru dilantik sebagai orang nomor satu di Kota Bengawan, GIbran mendapati pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74 persen.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jungkir Balik Gibran Naikkan Pertumbuhan Ekonomi Solo: 'Waktu Dilantik Keadaan Serba Susah'
Istimewa
Walikota Solo, Gibran Rakabumig Raka dalam Peluncuran Buku 'Sultan Agung dalam Goresan S. Sudjojono' pada Sabtu (22/1/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 melumpuhkan perekonomian di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan Kota Solo tak luput dari efek virus yang ditemukan di Wuhan, China tersebut.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka harus merasakan imbasnya.

Baru dilantik sebagai orang nomor satu di Kota Bengawan, dia mendapati pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74 persen.

Hal ini diungkapkan Gibran saat diwawancarai khusus oleh Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, Kamis (12/5/2022).

"Jadi waktu saya dilantik itu memang keadaan serba susah. Pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74 persen," kata Gibran.

Dikatakan Gibran selama setahun pertama menjabat, dirinya benar-benar tengah diuji akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung hilang dari dunia.

"Selain (varian) Delta kita juga dipukul Omicron, jadi memang kita benar-benar ditempa ya di tahun pertama. Benar-benar diuji, tantangannya banyak sekali," katanya.

BERITA TERKAIT

Berikut wawancara khusus Gibran selengkapnya :

Waktu menjadi Wali Kota Solo, kita menghadapi bencana Covid-19 yang melumpuhkan Republik ini, termasuk Solo. Apa yang dirasakan?

Jadi waktu saya dilantik itu memang keadaan serba susah. Pertumbuhan ekonomi sudah minus 1,74. Selain delta kita juga dipukul omicron, jadi memang kita benar-benar ditempa ya di tahun pertama. Benar-benar diuji, tantangannya banyak sekali.

Baca juga: Reaksi Gibran Dengar Keracunan Massal di Pucangsawit dan Karanganyar, Ayam dan Kubis Jadi Bukti

Anggaran pun banyak sekali yang di-refocussing. Ya di tahun pertama kita benar-benar ditempa lah. Tapi sekarang keadaan sudah mulai membaik. Dari tahun lalu kita minus 1,74 sekarang sudah pertumbuhan ekonominya di atas 4 persen.

Jadi di atas rata-rata Jawa Tengah. Sudah sangat baik, UMKM sudah mulai bangkit lagi, hotel-hotel okupansinya mulai penuh, jadi sudah mulai kelihatan lah perbaikannya. Dan percepatan pemulihan ekonomi menjadi salah satu fokus kita di tahun ini.

Crucial poin pada waktu varian Delta menyerang kan setelah lebaran. Saat ini juga setelah lebaran, apakah akan muncul seperti itu? Apa antisipasinya?

Ya saya waktu itu dilantik hari Jumat. Besoknya atau Sabtu kita terjun langsung untuk memulai vaksinasi. Jadi satu hari setelah dilantik kita langsung vaksin dan yang paling kami utamakan di hari pertama vaksin itu adalah pedagang pasar tradisional.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas