Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelaku Penembakan yang Menewaskan Pedagang di Deiyai Papua Kemungkinan KKB dari Kabupaten Terdekat

Kapolda Papua menduga pelaku penembakan yang menewaskan seorang pedagang bernama Enal kemungkinan merupakan KKB dari kabupaten terdekat.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pelaku Penembakan yang Menewaskan Pedagang di Deiyai Papua Kemungkinan KKB dari Kabupaten Terdekat
Tribun-Papua.com/Ridwan
Aksi penembakan diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di pusat Kabupaten Deiyai, Papua, tepatnya di depan GOR DPRD Deiyai, Minggu (26/6/2022) malam. Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri menduga pelaku penembakan yang menewaskan seorang pedagang bernama Enal kemungkinan merupakan KKB dari kabupaten terdekat. 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Polda Papua masih menunggu hasil penyelidikan tim terkait aksi penembakan yang diduga dilakukan KKB di GOR DPRD Deiyai, Minggu (26/6/2022) malam.

Polda Papua telah mengirimkan tim ke lokasi kejadian untuk menyelidiki kasus penembakan yang menewaskan seorang pedagang bernama Enal.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengungkapkan, pelaku penembakan kemungkinan merupakan KKB dari kabupaten terdekat.

"Di Deiyai itu ada dua kelompok besar, yaitu Kelompok Paniai dan Kelompok Intan Jaya, kelompok-kelompok ini yang biasa berulah di Paniai, Dogiyai, Deiyai dan Intan Jaya," ujar Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Kapolda Papua Belum Tahu Pelaku Penembakan di Kabupaten Deiyai

Seperti diketahui aksi penembakan diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di pusat Kabupaten Deiyai, Papua, tepatnya di depan GOR DPRD Deiyai, Minggu (26/6/2022) malam.

Akibatnya, seorang pedagang bernama Enal (32) tewas tertembak di bagian punggung.

"Terdapat salah satu warga yang menjadi korban bernama Enal (32), seorang pedagang yang tinggal di Distrik Waghete, kabupaten Deiyai," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, melalui keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).

BERITA REKOMENDASI

Fakiri menyebutkan, keberadaan organisasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang selama ini aktif di Paniai, Deiyai dan Dogiyai.

"Di sisi lain ada KNPB yang selalu memainkan peran politisnya," kata dia.

Kamal menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi ketika korban dan beberapa temannya sedang bermain bulu tangkis di lokasi tersebut.

Kemudian, muncul tiga orang tidak dikenal berdiri di pintu masuk GOR dan melepaskan tembakan.

Baca juga: KKB Tembaki Pesawat SAM Air di Bandara, Pilot dan Asistennya Lompat ke Gorong-gorong

"Korban yang saat itu sedang bermain badminton bersama beberapa rekan lainya di GOR Aula DPR kabupaten Deiyai, kemudian terdengar adanya bunyi tembakan dari arah luar GOR tepatnya di pintu masuk aula yang dilakukan oleh 3 orang pada pukul 21.34 WIT," kata Kamal.

Menurut para saksi, para pelaku membawa satu pucuk senjata api laras panjang.

Personel kepolisian yang datang setelah kejadian, kemudian membawa korban ke RSUD Paniai.

Namun nyawa Enal tidak bisa diselamatkan.

"Sampai saat ini, pesonel Polres Deiyai bersama Ops Damai Cartenz masih melakukan patroli di sekitar TKP guna memastikan situasi tetap aman kondusif," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunpapuabarat.com dengan judul KKB Lakukan Penembakan di GOR DPRD Deiyai dan Tewaskan Warga, Ini Kata Kapolda Papua terkait Pelaku

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas