Tribun

Remaja Indonesia dan Aorta Melaksanakan Pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan di Kulon Progo

Remaja Indonesia dan Aorta Melaksanakan Pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan di Titik Ke-25 di Kabupaten Kulon Progo Remaja Indonesia bersama

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Remaja Indonesia dan Aorta Melaksanakan Pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan di Kulon Progo
Dok. pribadi
Remaja Indonesia dan Aorta Melaksanakan Pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan di Kulon Progo 

TRIBUNNEWS.COM, YOGJAKARTA - Remaja Indonesia dan Aorta Melaksanakan Pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan di Titik Ke-25 di Kabupaten Kulon Progo Remaja Indonesia bersama dengan AORTA Astra Indonesia melaksanakan pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan.

Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan lanjutan pada pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan yang sebelumnya di laksanakan di Kab. Purwakarta.

Dusun Krengseng, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo menjadi titik pertama pembentukan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus menjadi titik ke 25-yang telah di bentuk mencakup seluruh wilayah Kota/Kabupaten yang ada di Indonesia.

Remaja Indonesia sebagai katalisator pemuda/i untuk menciptakan iklim kolaborasi dalam menunjang kemajuan Indonesia melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, selain itu adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian bersama dan mendorong pasrtisipasi aktif pemuda dan terlibat dalam berbagai bentuk kegiatan positif lainnya.

Pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan dilaksanakan oleh Remaja Indonesia yang bekerja sama dengan AORTA Astra Indonesia organisasi pemuda/i kesehatan di bawah naungan Astra Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan pemuda/i dan masyarakat melalui edukasi, kampanye kesehatan serta kegiatan langsung kepada masyarakat.

Kerjasama ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kesaran pemuda/i dan masyarakat secara umum untuk turut serta menjaga kualitas kesehatan secara individu maupun kolektif dan mendorong partisipasi aktif untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 melalui pendekatan kesehatan.

Harapannya adalah pada kegiatan ini menjadi sebuah peluang kolaborasi dalam rangka meningkatkan kualitas pemuda/i atau masyarakat secara umum untuk lebih berpandangan terbuka dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Untuk itu, kesehatan sebagai elemen mendasar perlu di gagas sejak awal sebagaimana merawat generasi yang akan mampu berdaya saing tentunya ditopang oleh generasi yang sehat baik secara fisik maupun emosional.

Pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Kulon Progo Remaja Indonesia bersama dengan AORTA melaksanakan pengukuhan Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Kulon Progo, kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan pengukuhan di titik ke-25 di tingkat Kota/Kabupaten di Indonesia.

Kegiatan ini turut di hadiri oleh dr. Dani Ferdian, M. K. M, Sp. KKLP selaku Pembina AORTA Astra Indonesia yang sekaligus menyampaikan sambutannya pada kegiatan ini serta meresmikan atau mengukuhkan pemuda di Dusun Krengseng sebagai Duta Remaja Kesehatan Astra.

Pada sambutannya dr. Dani menyampaikan bagaimana tantangan Indonesia dan pemuda di masa mendatang tepatnya pada tahun 2030-2035 dimana Indonesia akan mengalami sebuah momentum bonus demografi, dan disinilah titik dimana kekuatan pemuda dan masyarakat tentunya perlu memiliki komitmen bersama untuk menciptakan iklim kolaborasi melalui generasi yang mampu berdaya saing.

Kemampuan berdaya saing inilah yang akan menjadi cikal bakal potensi dan kekuatan pemuda yang tentunya perlu di imbangi dengan modal dasar dalam aspek kesehatan.

Dimana aspek kesehatan memegang peranan penting sebagai salah satu indikator menciptakan generasi pemuda yang unggul dan mampu berdaya saing, sehingga tantangan bonus demografi dapat terjawab dengan menyiapkan berbagai kekuatan dalam bentuk kolaborasi bersama pemuda/i di Dusun Krengsen, Kabupaten Kulon Progo.

Pasca di kukuhkan sebagai pemuda/i Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan, pemuda/i Dusun Krengseng mendapat penyuluhan kesehatan reproduksi dan pendewasaan usia pernikahan yang disampaikan oleh Ika Primantari, S. Tr. Keb dengan selaku Anggota Volunteer Doctors bahwa dalam hal ini perlu adanya penanaman karakter dan penyadaran melalui pembinaan dan pendampingan pemuda dengan lebih membuka mata dengan pola pikir terbuka terhadap berbagai isu-isu kesehatan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas