Tribun

KTT G20 Bali

250 Awak Media China akan Liput KTT G20 di Bali Pekan Depan

Khusus untuk liputan KTT G20 Bali disebutkan bahwa lebih dari 250 awak media China telah bertolak ke Indonesia.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 250 Awak Media China akan Liput KTT G20 di Bali Pekan Depan
Sekretariat Presiden
Foto dok./ Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China, Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa sore, (26/7/2022). Xi Jinping akan hadiri KTT G20 di Bali, termasuk 250 wartawan dari negara itu akan ikut meliput. 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali dalam waktu dekat, tepatnya 15-16 November 2022.

Belasan kepala negara Anggota G20 akan hadir di Bali.

Termasuk Presiden China Xi Jinping dan rombongannya akan hadir di Bali lebih awal.

Hal ini mengakibatkan frekuensi penerbangan komersial dari China ke Indonesia dan arah sebaliknya bertambah menjelang KKT G20 di Bali.

Bahkan khusus untuk liputan KTT G20 disebutkan bahwa lebih dari 250 awak media China telah bertolak ke Indonesia.

Baca juga: Kapolri Pastikan Pengamanan KTT G20 Saat Tinjau Command Center

Ada delapan jalur penerbangan baru dari beberapa kota di China tujuan Jakarta dan arah sebaliknya sebagaimana data Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) yang dipantau dari Beijing, Sabtu (4/11/2022).

Jalur tersebut adalah Jakarta-Beijing pergi-pulang setiap hari Senin oleh maskapai Air China, Jakarta-Chengdu PP setiap Jumat oleh Air China, Jakarta-Guangzhou PP setiap Senin, Kamis, dan Jumat oleh China Southern Airlines.

Satu lagi Jakarta-Xiamen PP setiap Senin dan Sabtu oleh Xiamen Airlines.

Jalur tersebut menambah jalur yang sudah beroperasi sebelumnya, sepert Shenzhen-Jakarta PP setiap Selasa (China Southern), Fuzhou-Jakarta PP setiap Kamis (Xiamen Air), Jakarta-Kunming PP setiap Jumat (Citilink), Jakarta-Wuhan PP setiap Senin (Lion Air), Jakarta-Guangzhou PP setiap Selasa, Rabu, Jumat, dan

Senin (Garuda Indonesia), dan Jakarta-Guangzhou PP setiap Senin, Rabu, dan Kamis (Lion Air).
Para delegasi dari China dan 250 lebih awak media setempat juga sudah mulai bertolak menuju Indonesia sebelum KTT G20 dibuka.

Hingga Jumat (4/11) sore, Kementerian Luar Negeri China (MFA) belum memberikan konfirmasi mengenai kepastian kehadiran Presiden Xi Jinping ke Bali setelah menerima undangan secara langsung dari Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Beijing pada akhir Juli 2022.

"Belum ada informasi yang bisa saya bagikan (tentang itu) pada hari ini," kata juru bicara MFA, Zhao Lijian.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun sudah bertolak dari Beijing menuju Jakarta untuk persiapan pennyambutan delegasi China.

Atase Imigrasi Kedutaan Besar RI di Beijing, Raden Fitri Saptaji, telah bersiaga di Bali sejak 25 Oktober.

"Salam hangat dari Hong Kong," kata Dubes dalam pesan singkatnya kepada Antara Beijing, Jumat (4/11) sore saat sedang transit di Bandara Hong Kong sebelum melanjutkan penerbangan menuju Jakarta.

G20 adalah forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan.

G20 merepresentasikan kekuatan ekonomi dan politik dunia, dengan komposisi anggotanya mencakup 80 persen PDB dunia, 75 persen ekspor global, dan 60 persen populasi global.

Anggota-anggota G20 terdiri atas 19 negara dan 1 kawasan yaitu Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul Lebih 250 Awak Media China Liput KTT G20, Penerbangan Langsung China-Indonesia Meningkat

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas