Tribun

KTT G20 Bali

KTT G20 Dorong Gerakan Perdamaian, Kelompok Milenial: Indonesia Kiblat Kerukunan

Erick Thohir menyebut pemerintah mendorong people to people movement atau sebuah gerakan perdamaian dan gerakan hijau dalam acara KTT G20.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Erik S
zoom-in KTT G20 Dorong Gerakan Perdamaian, Kelompok Milenial: Indonesia Kiblat Kerukunan
HO
Pin logo G20 yang dikenakan Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, tampak terbali atau ujungnya menghadap bawah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Menteri BUMN Erick Thohir menyebut pemerintah mendorong people to people movement atau sebuah gerakan perdamaian dan gerakan hijau dalam acara KTT G20.

Menanggapi hal itu, Koordinator Bidang Hal Antar Lembaga Penggerak Milenial Indonesia (PMI), Taufik menilai bahwa apa yang dilakukan Erick sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

Baca juga: KTT G20 Dorong Gerakan Perdamaian, Kelompok Milenial: Indonesia Kiblat Kerukunan

“Gerakan perdamaian dan gerakan hijau Pak Erick tidak lain adalah mengikuti perintah Presiden, yaitu dalam KTT G20 harus ada gerakan di mana para tamu dunia bisa mengambil nilai dari sebuah pertemuan internasional,” kata Taufik kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Taufik mencatat bahwa dalam rangkaian KTT G20 di Bali itu, Erick turut menjamu para tamu dunia dengan Music Twenty (M20) yang memberikan pesan persatuan, perdamaian, juga Indonesia hijau.

“Salah satu rangkaian KTT G20 ada Religion Twenty (R20) yang dihadiri para tokoh agama dunia. Mereka berkumpul bersama dan melihat Indonesia kiblatnya kerukunan dalam perbedaan. Pak Erick banyak berkontribusi untuk menyukseskan pelaksanaan R20,” jelasnya.

Bagi Taufik, apa yang dilakukan oleh Erick terkait people to people movement tidak hanya diperuntukkan bagi para tamu dari pelbagai negara, melainkan juga memberikan full impact untuk Indonesia.

Baca juga: Cerita Tentang Tas Ransel Terbuat dari 50 Botol Plastik di KTT G20 Nusa Dua, Bali

"Tujuan pertama dari gerakan Pak Erick ialah memberikan dampak langsung bagi bangsa dan negara. Jadi tidak hanya bagi para tamu," tambahnya.

Taufik juga berpesan agar apa yang telah dilakukan oleh Erick tidak berhenti sampai titik ini, melainkan dilanjutkan pada progres dan kemajuan yang lebih besar.

Baca juga: Didiet Maulana Ungkap Cerita di Balik Kebaya dan Songket yang Dikenakan Maudy Ayunda saat KTT G20

“Kami dari PMI akan terus mengawal dan mendukung apa yang digagas oleh Pak Erick. Semoga apa yang ia lakukan ini bukanlah yang terakhir,” pungkasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas