Tribun

Diduga Dalang Kerusuhan, Ketua KNPB Dogiyai Papua Tengah Diringkus, Ini Kasus yang Menjeratnya

SG diduga merupakan dalang dari insiden kerusuhan dan pembakaran yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah yang terjadi pada Sabtu (12/

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Diduga Dalang Kerusuhan, Ketua KNPB Dogiyai Papua Tengah Diringkus, Ini Kasus yang Menjeratnya
Istimewa
Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Dogiyai, Provinsi Papua Tengah berinisial SG diamankan Kepolisian Polda Papua, Selasa (22/11/2022) malam. SG diduga merupakan dalang dari insiden kerusuhan dan pembakaran yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah yang terjadi pada Sabtu (12/11/2022) lalu. Foto sejumlah bangunan yang hangus dibakar oleh sekelompok massa yang tengah marah akibat kasus Lakalantas, Dogiyai, Papua Tengah, Minggu (13/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA – Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Dogiyai, Provinsi Papua Tengah berinisial Saugas Goo diamankan Kepolisian Polda Papua, Selasa (22/11/2022) malam.

Saugas Goo diduga merupakan dalang dari insiden kerusuhan dan pembakaran yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah yang terjadi pada Sabtu (12/11/2022) lalu.

Baca juga: Kapolda Papua Pastikan Tindak Otak di Balik Pembakaran 20 Rumah di Kabupaten Dogiyai

"Iya kami mengamankan Ketua KNPB Wilayah Dogiyai berinisial SG untuk dimintai keterangan terkait kasus Laka Lantas berujung kerusuhan yang terjadi pada Sabtu (12/11/2022) lalu," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Menurut Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Saugas Goo ditangkap berdasarkan laporan yang diterima aparat Kepolisian terkait sejumlah dugaan aksi di wilayah tersebut.

"Setelah mendapat laporan, anggota dipimpin Wakapolres Dogiyai dan tim Satgas Damai Cartenz bergerak ke TKP dan berhasil mengamankan SG. Kemudian dia dibawa ke Mapolres Dogiyai," ungkapnya.

Demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Dogiyai, SG dibawa ke Kabupaten Nabire untuk menjalani proses pemeriksaan.

"Saat ini Saugas Goo sudah dibawa ke Nabire untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dikawal aparat gabungan Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz," ujarnya.

Siapa Saugas Goo dan apa kasus yang menjeratnya?

Menurut Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Saugas Goo diduga dalang dari insiden kerusuhan dan pembakaran di Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah yang terjadi pada Sabtu (12/11/2022) lalu.

Baca juga: 2 Anggota TNI & Seorang Warga Sipil Terluka Kena Panah Saat Insiden Pembakaran Rumah di Dogiyai

Dalam insiden itu, seorang warga, Iqbal yang berprofesi sebagai penjaga kios meninggal dunia.

Dia ditemukan dalam kondisi tubuh hangus terbakar serta dikubur secara tidak layak di sekitaran Kampung Ikebo.

Insiden ini terjadi pada Sabtu (12/11/2022).

Selain itu sebanyak 356 orang terpaksa harus mengungsi.

Ketua KNPB wilayah Dogiyai, Papua Tengah, SG Diringkus
Ketua KNPB wilayah Dogiyai, Papua Tengah, SG, saat diamankan oleh aparat Kepolisian gabungan, Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz.
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas