Tribun

Helikopter Polri Jatuh di Belitung

BREAKING NEWS Helikopter Polri Angkut 4 Anggota Polisi Dikabarkan Hilang Kontak di Belitung Timur

Sebuah helikopter milik Polri yang membawa empat anggota Polisi dilaporkan hilang kontak di perairan Buku Limau, Belitung Timur

Editor: Wahyu Aji
zoom-in BREAKING NEWS Helikopter Polri Angkut 4 Anggota Polisi Dikabarkan Hilang Kontak di Belitung Timur
ist/Basarnas Belitung via bangkapos
Helikopter biru putih milik Polri yang hilang kontak di perairan Buku Limau, Manggar. 
  • TRIBUNNEWS.COM, BELITUNG - Sebuah helikopter milik Polri yang membawa empat anggota Polisi dilaporkan hilang kontak di perairan Buku Limau, Belitung Timur, Minggu (27/11/2022) pukul 14.40 WIB dengan ketinggian 3500 feet. 

Danpos SAR Belitung Danang Adi Prasetya mengatakan helikopter itu berasal dari Palangkaraya dengan tujuan Tanjungpandan.

Dalam perjalanan tersebut, memakai dua helikopter dan satu helikopter sudah mendarat di Tanjungpandan namun satunya belum.

"Kami bersama Polairud sudah mendirikan posko pencarian di Kantor Polairud Manggar," kata Danang kepada posbelitung.co, Minggu.

Menurutnya, saat ini tengah menunggu hasil koordinasi bersama Kantor SAR di Pangkalpinang untuk mendapatkan langkah selanjutnya.

Dia meminta kepada masyarakat agar memberikan informasi jika ada mengetahui, melihat, atau mendengar suara helikopter di sekitar pagi menjelang sore tadi.

"Diminta kepada masyarakat agar segera melaporkan jika mengetahui ada suara ledakan atau semacamnya supaya bisa ditindaklanjuti," kata Danang.

Diketahui, posisi hilang kontak helikopter tersebut adalah di Perairan Buku Limau, Manggar dengan jarak 30 NM atau 55,56 KM dari ARP Bandara HAS Hanandjoeddin.

Helikopter ini juga biasanya dipakai oleh pejabat Polda Bangka Belitung untuk melakukan kunjungan dinas ke daerah-daerah di Pulau Belitung.

Misi Patroli

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa membenarkan informasi jatuhnya sebuah helikopter di perairan laut Bukulimau, Belitung Timur, Minggu (27/11/2022).

Kecelakaan pesawat jenis helikopter dengan nomor registrasi P1103 tipe NBO 105.

"Infonya Kapten AKP Arif dengan operator kepolisian (pilot-Red)," kata Mikron seperti dikutip dari kompas.com.

Tower radar Tanjungpandan melaporkan belum ada kontak dengan helikopter tersebut.

Penerbangan helikopter diduga dalam misi patroli dan tidak terjadwal dalam laporan penerbangan.

Baca juga: Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Terus Dikirimkan, Gunakan Helikopter hingga Bantuan Rp2,69 Miliar

Kepala Biro Operasional Polda Bangka Belitung Kombes Pontjo Soediantoko juga telah menerima informasi perihal jatuhnya  helikopter Tipe NBO 105'> helikopter Tipe NBO 105.

"Sementara masih menunggu info dari ATC dan AP II Tanjung Pandan dan seluruh petugas perangkat pendeteksian radar udara," ujar Pontjo.

Kepala Desa Bukulimau Belitung Timur, Mukhlisin memperkirakan kejadian sekitar pukul 14.00 WIB.

"Yang kelihatan heli pak," ujar Mukhlisin.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Helikopter Polisi Dilaporkan Hilang Kontak di Perairan Buku Limau Belitung Timur, Berisi 4 Polisi

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas