Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

Siraman Rohani ke Korban Gempa di Cianjur, Aa Gym: Harus Ikhlas, Jangan Tamak Berebut Bantuan

Peristiwa gempa 12 detik sudah membuat warga Cianjur panik, banyak korban, dan tentu kelelahan menata kembali semuanya.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Siraman Rohani ke Korban Gempa di Cianjur, Aa Gym: Harus Ikhlas, Jangan Tamak Berebut Bantuan
AFP/ADITYA AJI
Ilustrasi. KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) memberikan tausiyah atau siraman rohani kepada masyarakat terdampak gempa di Cianjur. Kegiatan siramanan rohani dilakukan di Masjid Agung Cianjur, Jalan Siti Jenap, dihadiri ribuan warga Cianjur dan korban gempa dari berbagai daerah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) memberikan tausiyah atau siraman rohani kepada masyarakat terdampak gempa di Cianjur.

Kegiatan siramanan rohani dilakukan di Masjid Agung Cianjur, Jalan Siti Jenap, dihadiri ribuan warga Cianjur dan korban gempa dari berbagai daerah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Bupati Cianjur H Herman Suherman, Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, dan Dandim 0608 Cianjur Letkol Haryanto, terlihat turut menemani.

Aa Gym mengatakan kepada semua warga Cianjur untuk ikhlas dan ridha menerima ujian bencana gempa.

Baca juga: Kisah Relawan Gempa Cianjur, Seorang Chef yang Masih Bertahan hingga Cerita Pengantar Bantuan

"Semua harus ikhlas dan ridha tentang apa musibah yang terjadi termasuk gempa karena sudah tertulis di lauhul Mahfudz. Ujian terjadi karena izin Allah SWT, gempa terjadi karena Allah SWT memerintahkan bumi bergerak, sudah tertulis 12 detik dan itu juga banyak korbannya," ujar Aa Gym dalam tausiyahnya.

Aa Gym mengatakan, gempa 12 detik juga sudah membuat warga Cianjur panik, banyak korban, dan tentu kelelahan menata kembali semuanya.

"Saya melihat Wajah bupati juga sudah pucat kelelahan," katanya.

Aa Gym mengatakan, ia mempunyai ikatan emosional dengan Kabupaten Cianjur karena ia sempat tinggal di Cianjur.

"Tentu saya juga punya kenangan di Kabupaten Cianjur, Kenangan titik titik," katanya yang disambut tawa renyah para hadirin.

Baca juga: Satu Korban Gempa Cianjur Kembali Ditemukan, Kenakan Gamis dan Kerudung Hitam

Aa Gym mengatakan, gempa merupakan bagian dari karunia, dan ia yakin setelah ujian gempa yang diberikan maka Allah SWR akan mengangkat derajat dan menggantikannya dengan yang lebih baik.

"Warga yang wafat karena gempa semoga syuhada kalau beriman, yang menderita sakit rontok dosanya, yang rumahnya rusak diganti dengan yang baik," katanya.

Gempa Cianjur telah membuat semua hati donatur terketuk dan banyak berdatangan ke kabupaten Cianjur memberikan berbagai macam bantuan.

"Tapi ingat jangan tamak, jangan berebut bantuan, cukupkan saja rezeki buat keluarga, karena Allah SWT telah menjamin rezeki kita yang tak akan tertukar, semoga semua korban tercukupkan bantuannya, karena tadi bupati mengatakan stok logistik juga sudah cukup," katanya.

Aa Gym melalui Daarut Tauhid telah menghimpun dana dari para donatur yang akan diperuntukan bagi pembangunan 100 masjid darurat di lokasi terdampak gempa

"Insyaallah kami akan siap memfasilitasi minimal pembangunan 100 masjid darurat dulu di lokasi terdampak gempa, dananya dari para donatur yang dihimpun oleh Daarut Tauhid," katanya.

Tausiyah tak berlangsung lama karena Aa Gym harus meninjau beberapa lokasi terdampak gempa di Cianjur. (Ferri Amiril Mukminin/Tribun Jabar)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas