Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Bupati Intan Jaya Ungkap Akar Konflik yang Sebenarnya di Kabupaten Intan Jaya

Pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Intan Jaya bisa berjalan dengan baik dan aktivitas masyarakat berjalan normal.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Mantan Bupati Intan Jaya Ungkap Akar Konflik yang Sebenarnya di Kabupaten Intan Jaya
Ist
Mantan Bupati Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah, Natalis Tabuni 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Mantan Bupati Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah, Natalis Tabuni mengakui mundurnya pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Intan Jaya selama kurang lebih 5 tahun terakhir tidak terlepas dari konflik berkepanjangan yang melanda Intan Jaya.

Natalis menegaskan konflik tersebut akarnya adalah konflik atau perang ideologi dari kelompok sipil bersenjata yang berseberangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bukan konflik suku atau konflik politik.

Disampaikan saat acara syukuran pelantikan Pj Bupati Intan Jaya di Sugapa, Sabtu (8/1/2023) pekan lalu Natalis menginginkan agar pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Intan Jaya di bawah kepemimpinan Pj Bupati Apolos Bagau dapat berjalan kembali dalam suasana damai.

Baca juga: Operator Alat Berat di Intan Jaya Papua Tewas Ditembak KKB

Sehingga pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan aktivitas masyarakat berjalan normal.

“Sungguh dengan hadirnya Pj Bupati artinya Tuhan Memberikan Indah Pada waktunya, yang artinya kita ingin agar pembangunan di Intan Jaya dapat berjalan normal kembali. Pendidikan, kesehatan, pelayanan masyarakat, aktivitas ASN kembali berjalan dalam suasana damai. Ini pesan saya sehingga kita segera akhiri ketertinggalan kita selama ini akibat konflik yang tidak berkesudahan,” ungkap Natalis seperti dalam keterangannya, Rabu (11/1/2023).

Natalis mengatakan pada periode pertama kepemimpinannya sejak pemekaran Kabupaten Intan Jaya (2012-2017) hampir tidak ada konflik bersenjata di Intan Jaya.

Ia ingat ketika itu pemerintahannya mulai melakukan banyak terbobosan pembangunan, pelayanan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik dan aktivitas masyarakat berjalan normal, termasuk pelayanan Pendidikan dan Kesehatan mengalami kemajuan sehingga IPM Intan Jaya saat itu naik signifikan. 

BERITA TERKAIT

"Saat itu kita sudah mulai mimpi-mimpi tinggi membangun jalan sampai ke Magataga tembus ke Enaratoilai, bangun jalan darat sampai ke Beoga tembus ke Hitadipa. Jalan rintis ke sana, dari Biandoga datang," katanya.

"Perkantoran kita sudah bangun, listrik menyala. Pak PJ Bupati juga yang kerja karena beliau Kepala Dinas PU saat itu. Semua optimis tetapi itu semua rusak, hancur sejak kehadiran saudara-saudara kita kelompok masyarakat sipil besenjata, sampai akhirnya konflik berkepanjangan sampai hari ini. Itulah penyebab kemunduran kita sebenarnya,” jelas Natalis menambahkan.

Natalis sangat menyayangkan akibat konflik bersenjata ini masyarakat Intan Jaya mengalami kerugian, terutama pendidikan, kesehatan, layananan kebutuhan dasar seperti listrik dan air jadi terhambat.

Mengutip tema Natal ‘Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain’ Natalis berharap agar semangat pembaharuan benar-benar menjadi semangat seluruh masyarakat Intan Jaya dan perangkat pemerintahan.

“Sekarang kita sudah mendapatkan Pj Bupati, Pak Apolos. Saya minta kita dukung penuh kepemimpinan beliau. Konflik kita akhiri, perang tidak membawa kita manfaat, malah membawa kemunduran. Kehadiran Pak Pj Bupati dengan semua jajarannya saya optimis akan memberikan angin segar buat Intan Jaya. Kita ingin ASN kembali normal bekerja dengan hadir di Sugapa, listrik dan air kembali berjalan. Ini tentu tugas baru yang amat mulia,” kata Natalis.

Natalis berharap agar kepemimpinan Pj Bupati didukung penuh oleh seluruh masyarakat; baik ‘masyarakat luar’ maupun ‘masyarakat dalam’ dan utamanya harapan dia agar konflik yang akarnya Gerakan ideologi bisa segera diakhiri.

“Saudara-saudaraku, orang lain di luar sana sudah hebat-hebat, sekolah sudah tinggi-tinggi, malah ada yang sudah mau calon gubernur. Dan kita di Intan Jaya sibuk perang terus, akibatnya pembangunan semua mundur. Dari hati yang paling dalam saya berpesan ayo dukung kepemimpinan yang baru ini. Kita bangkit lagi, kita raih kemenangan untuk Intan Jaya yang damai, sejahtera, adil dan maju,” pungkas Natalis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas