Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri Terjunkan Tim Darat dan Udara Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Gunung Kerinci

Poldai telah menerjunkan dua tim yakni darat dan udara guna mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi itu.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Erik S
zoom-in Polri Terjunkan Tim Darat dan Udara Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Gunung Kerinci
Kloase Tribunjambi.com/ capture video kompastv
Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono (kiri) dan lokasi insiden helikopter Polri mendarat darurat di hutan Kerinci. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim SAR masih terus melakukan proses evakuasi terhadap Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan sejumlah awak serta penumpang Helikopter Super 3001 yang mendarat darurat di area hutan Gunung Kerinci, Minggu (19/2/2023) kemarin.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini pihaknya telah menerjunkan dua tim yakni darat dan udara guna mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi itu.

Baca juga: Kondisi Kesehatan Rombongan Kapolda Jambi Sempat Menurun, Begini Kondisi Terkini Para Korban




"Ada dua tim yang sudah bergerak dimulai tadi malam sampai dengan hari ini, tim udara ada menggunakan tiga heli tapi hari ini kita sudah menggunakan enam helikopter," jelas Dedi kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Adapun dikatakan Dedi, rincian enam helikopter itu terdiri dari dua heli dan satu pesawat milik Polri, satu helikopter milik Basarnas, satu helikopter milik TNI AU dan satu lainnya milik PPNU.

Sementara itu tim darat sendiri dijelaskan Kadiv Humas, dipimpin langsung oleh Kapolres Jambi AKBP Patria Yudha Rahadian yang berisikan sembilan orang anggota Brimob.

"(Tim darat) sudah berhasil ke titik dimana heli tersebut mendarat darurat. Jadi sudah berkomunikasi dengan Pak Kapolda, Dirkrimum, Dirpolair, Sripim dan tiga kru," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Lanjut Dedi, saat ini tim darat tersebut sedang berusaha mencari titik lokasi penjemputan terhadap para penumpang dan kru helikopter tersebut.

Baca juga: Drama Penyelamatan Kapolda Jambi yang Mendarat Darurat, Terhalang Kabut hingga Satu Kru Terjepit

Selain itu, tim udara yang dilengkapi enam helikopter tersebut sejak pukul 10 pagi tadi juga sudah diterbangkan menuju lokasi.

"Dan saat ini tim udara sudah mendroping bahan makanan, minuman, termasuk selimut serta powerbank yang dibutuhkan untuk mengkomunikasi dengan tim yang ada baik di Kerinci maupun ya berada di Jambi," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, dilansir dari TribunJambi.com, Diketahui, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Minggu (19/2/2023).

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto menjelaskan Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 membawa Kapolda Jambi beserta rombongan itu dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci.

Baca juga: Kapolda Jambi Alami Luka Paling Parah, Proses Evakuasi Dimaksimalkan Melalui Jalur Udara

Adapun penumpang Helikopter yang mendampingi Kapolda Jambi yakni Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC.

"Mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kabupaten Kerinci," kata Mulia.

Ia menambahkan seluruh penumpang dalam keadaan selamat.

Saat ini, Tim SAR Polres Kerinci, helikopter dari Tim SAR dan helikopter Sinar Mas sudah menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para penumpang.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas