Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sungai Lim Meluap, Putus Jalur Pagar Alam-Lahat hingga Mitos Dapat Memberikan Jodoh Bagi Pendatang

Warga Tanjung Sirih khususnya masih banyak yang meyakini bahwa Ayik Lim dapat memberikan jodoh bagi warga luar Desa Tanjung Sirih

Penulis: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sungai Lim Meluap, Putus Jalur Pagar Alam-Lahat hingga Mitos Dapat Memberikan Jodoh Bagi Pendatang
SRIPOKU.COM / Syahrul Hidayat
Seorang warga Desa Lubuk Sepang Kecamatan Pulaupinang Lahat dibantu tali yang dibentangkan menyeberangi Sungai Lim yang airnya masih deras pasca banjir bandang Lahat Sumsel, Jumat (10/3/2023). Meski dalam beberapa tahun terakhir Ayik Lim sering kali meluap hingga ke pemukiman warga, namun Ayik Lim diyakini masyarakat mempunyai khasiat tertentu bagi warga sekitar. 

TRIBUNNEWS.COM, LAHAT - Sungai Lim atau yang kerap disebut Ayik Lim di Kabupaten Lahat mengalami banjir bandang pada Kamis (9/3/2023).

Meluapnya Sungai Lim mengakibatkan jalur Pagar Alam-Lahat terputus.

Ayik Lim merupakan sungai yang membela langsung Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Baca juga: Update Banjir di Lahat Sumsel: Ditemukan Jasad Pria yang Hanyut hingga Jalan Lahat-Pagar Alam Dibuka

Meski dalam beberapa tahun terakhir Ayik Lim sering kali meluap hingga ke pemukiman warga, namun Ayik Lim diyakini masyarakat mempunyai khasiat tertentu bagi warga sekitar.

Warga Tanjung Sirih khususnya masih banyak yang meyakini bahwa Ayik Lim dapat memberikan jodoh bagi warga luar Desa Tanjung Sirih ketika mandi di sungai tersebut.

"Memang benar Ayik Lim dapat memberikan jodoh bagi pemuda dan pemudi pendatang.

Maksudnya pria atau wanita yang belum berkeluarga akan mendapatkan jodoh dari Desa Tanjung Sirih ketika mandi di Ayik Lim," ujar Jumariah yang merupakan warga Tanjung Sirih, Jumat (10/3/2023).

BERITA TERKAIT

Meski cerita yang masih diyakini oleh sebagian masyarakat Tanjung Sirih tersebut belum terbukti secara ilmiah, namun tidak sedikit pendatang yang sengaja mandi karena mempercayai mitos tersebut.

Baca juga: Tim SAR Gabungan Evakuasi Warga dan Sisir Sungai Lematang 10 Km Cari Korban Hilang Banjir Lahat

Mitos bagi yang mandi di Ayik Lim akan mendapat jodoh warga Tanjung Sirih merupakan satu dari sekian banyak cerita mitos yang sering melekat disuatu daerah di Kabupaten Lahat.

Mitos tersebut seakan menjadi cerita secara turun temurun khusus bagi warga Tanjung Sirih.

Entah memang benar ada atau tidak, namun mitos tersebut menjadi cerita menarik bagi pendatang ketika bercengkrama dengan warga Tanjung Sirih.

Warga Tanjung Sirih tak segan menceritakan mitos tersebut kepada pendatang yang penasaran dengan mitos Ayik Lim dapat memberikan jodoh.

Tak terkecuali dengan Nek Halimah, saat ditemui ditengah kesibukannya menjual makanan khas Lahat yakni lemang, Nek Halimah menceritakan mitos tersebut.

Sesekali ia melempar senyum dan menyarankan kepada wartawan sripoku.com, kalau belum mendapatkan jodoh silahkan mandi di Ayik Lim.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas