Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Foto-foto Gunung Merapi Erupsi Siang Ini, Luncurkan Awan Panas Guguran ke Arah Kali Bebeng

Inilah foto-foto gunung Merapi mengeluarkan awan panaske arah Kali Bebeng/Krasak pada Sabtu (11/3/2023) siang ini, sekira pukul 12.00 WIB.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Foto-foto Gunung Merapi Erupsi Siang Ini, Luncurkan Awan Panas Guguran ke Arah Kali Bebeng
Dok BPPTKG
Gunung Merapi ketika Erupsi dan semburkan Awan Panas, Sabtu 11 Maret 2023. Dalam artikel terdapat foto-foto gunung Merapi mengeluarkan awan panaske arah Kali Bebeng/Krasak pada Sabtu (11/3/2023) siang. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah foto-foto Gunung Merapi mengeluarkan awan panas ke arah Kali Bebeng atau Krasak pada Sabtu (11/3/2023) siang ini, sekira pukul 12.00 WIB.

Hingga kini, guguran awan panas Gunung Merapi mengakibatkan sejumlah wilayah di lereng Merapi sisi utara diguyur hujan abu.

Hujan abu mengguyur sejumlah desa di wilayah Magelang.




Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Dukun, Magelang, Didik Wahyu Nugroho, mengatakan setidaknya ada empat desa yang diguyur hujan abu Gunung Merapi hingga Sabtu siang.

Keempat desa tersebut, meliputi Krinjing, Paten, Keningar dan Mangunsoko.

Guyuran hujan abu di keempat desa bervariasi, namun dari informasi yang diterima oleh Pemerintah Kecamatan, Desa Krinjing dan Paten paling tebal.

"Kalau data dusunnya belum tahu ada berapa, namun yang jelas ada empat desa di Kecamatan Dukun yang diguyur hujan abu," katanya, dikutip Tribunnews.com dari TribunJogja.com.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi Siang Ini, Luncurkan Awan Panas Guguran, Warga Diimbau Waspada Hujan Abu

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, erupsi Gunung Merapi masih berlangsung hingga Sabtu (11/3/2023) pukul 12.31 WIB.

"Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung," keterangan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta dalam siaran pers dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima Tribunnews.com, Sabtu siang.

BPPTKG menyebut, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya, meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Kemudian, sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km.

Sementara lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya guna mengantisipasi potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.

Foto-foto Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas