Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tol Bocimi Seksi 2 di Sukabumi Siap Difungsionalkan saat Momen Mudik Lebaran, Dua Jalur Bisa Dipakai

Diketahui, pada libur Natatu 2022/2023 lalu, jalan tol Bocimi seksi 2 hanya difungsionalkan satu jalur.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Tol Bocimi Seksi 2 di Sukabumi Siap Difungsionalkan saat Momen Mudik Lebaran, Dua Jalur Bisa Dipakai
Istimewa
Ilustrasi Tol Bocimi. Tol Bocimi seksi 2 jalur Cigombong-Cibadak dengan exit tol di Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bisa dipakai saat momen mudik dan libur Idulfitri 2023 nanti. 

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Humas PT Waskita Karya, Edi Abas mengatakan, Tol Bocimi seksi 2 jalur Cigombong-Cibadak dengan exit tol di Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bisa dipakai saat momen mudik dan libur Idulfitri 2023 nanti.

Diketahui, pada libur Natatu 2022/2023 lalu, jalan tol Bocimi seksi 2 hanya difungsionalkan satu jalur.

"Nah untuk sekarang itu idulfitri dua jalur sudah bisa dibuka. Kemarin itu di Nataru itu penggantian arus Natal dulu terus arus balik, arus Natalnya dibuka yang dari Bogor ke Sukabumi, arus baliknya baru dari Bogor Sukabumi ditutup, baru arus baliknya dari Sukabumi menuju Bogor. Nah sekarang menghadapi idulfitri itu kita buka kedua-duanya," kata Edi saat dikonfirmasi, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Polri Prediksi 123,8 Juta Orang Mudik Lebaran 2023, Meningkat 14,2 Persen Dibandingkan Tahun Lalu

Mengenai jadwal dibuka dan berapa lama difungsionalkan saat mudik dan libur idulfitri 2023, pihaknya menunggu permintaan dari pihak kepolisian kepada owner jalan tol yakni Trans Jabar Tol (TJT).

"Ya kalau itu situasional aja, tergantung nanti permintaan pihak kepolisian Polda dan Polres ke pihak Trans Jabar Tol sebagai ownernya, kalau kita kan Waskita hanya pengerjaan proyeknya saja," ucapnya.

"Terkait difungsionalkannya itu misalkan H-7 lebaran atau arus baliknya +7 lebaran, itu kan kewenangannya bukan di kita, mungkin nanti dari pihak kepolisian Polda Jabar, Kapolres ke pihak owner TJT," jelasnya.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran 2023, Kesiapan Jalan Nasional dan Tol Rata-rata Sudah 90 Persen

Tapi, Edi memastikan jalan tol Bocimi seksi dua Cigombong-Cibadak dengan exit tol di Sundawenang itu sudah siap dipakai.

BERITA TERKAIT

Pihaknya saat ini tengah menyelesaikan jalur jalan nasional di depan exit tol dan juga penyelesaian gerbang tol.

"Iya kita dua jalur sudah siap, untuk progres jalannya kita sudah ready, tinggal penyelesaian aja di jalur depan itu jalur jalan nasional sama gerbang tol aja tolgetnya, kalau untuk jalannya kita udah ready dan itu kita kejar, lebaran itu target kita selesai," ujar Edi.

Setelah itu, kata Edi, pihaknya hanya tinggal melakukan finishing kekurangan yang ada. Edi menegaskan, keseluruhan jalur utama jalan tol sudah selesai.

"Ya paling tinggal finishing yang kekurangan-kekurangannya aja nanti, tapi untuk utamanya udah kelar," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Dua Jalur Tol Bocimi Seksi 2 di Sukabumi Siap Dipakai untuk Mudik dan Libur Idulfitri 2023

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas