Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gempa 6,6 Magnitudo Guncang Tuban, BMKG Imbau Masyarakat Tenang dan Tak Termakan Hoaks

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tak terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Gempa 6,6 Magnitudo Guncang Tuban, BMKG Imbau Masyarakat Tenang dan Tak Termakan Hoaks
Situs BMKG
Gempa bumi yang berpusat di Barat Laut TUBAN-JATIM, Kedalaman 632 Km, Jumat (14/4/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tak terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gempa bumi dengan skala 6,6 magnitudo mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur pada Jumat (14/4/2023) pukul 16.55 WIB.

Titik pusat atau episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 111,96° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km arah Barat Laut Kota Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 643 km.




Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tak terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: BNPB Pantau Potensi Kerusakan Akibat Gempa M 6,6 di Tuban Jawa Timur

BMKG sendiri menyatakan gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya, Jumat.

BMKG juga mengimbau masyarakat sekitar untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat guncangan. Masyarakat diminta untuk mengecek terlebih dahulu kondisi bangunan rumahnya sebelum kembali ke rumah.

BERITA TERKAIT

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Daryono.

Baca juga: BMKG: Gempa M 6,6 Tuban akibat Deformasi Slab Pull Lempeng Indo-Australia

Adapun getaran gempa juga terasa di daerah Kuta, Bali dengan skala intensitas V MMI atau dirasakan hampir semua penduduk. Gempa juga terasa di Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram dengan skala intensitas IV MMI atau dirasakan orang banyak dalam rumah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas