Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rombongan Bhiksu Thudong Tiba di Magelang, Kapolresta Magelang Ikut Mengawal dengan Jalan Kaki

Kapolresta Magelang dan Kapolres Magelang Kota ikut mengawal rombongan bhiksu Thudong yang telah tiba di Magelang untuk merayakan Waisak.

Editor: Abdul Muhaimin
zoom-in Rombongan Bhiksu Thudong Tiba di Magelang, Kapolresta Magelang Ikut Mengawal dengan Jalan Kaki
KOMPAS Images/KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Biksu menjalankan ritual thudong kembali melanjutkan perjalanan dari Kota Tegal menuju Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (24/5/2023). Sebanyak 32 biksu jalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur untuk meyambut Hari Raya Waisak. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO 

TRIBUNNEWS.COM - Rombongan bhiksu Thudong yang berasal dari Thailand, Malaysia dan Indonesia telah tiba di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (30/5/2023) sekira pukul 10.30 WIB.

Mereka mendapat penyambutan dan pengawalan dari jajaran Polres Magelang, Kodim Magelang. dan berbagai ormas lintas agama.

Bahkan Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono serta Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang juga ikut berjalan kaki melakukan pengawalan terhadap rombongan bhiksu Thudong.




Sebelumnya, perjalanan para bhiksu thudong dari Ambarawa tujuan Magelang, berhenti di Mapolsek Pringsurat, Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Ketika Ganjar Sapa 32 Biksu Thudong yang Beristirahat di Musala: Ini Cerminan Keramahan Indonesia

Para bhiksu dan pengiring dari berbagai kelompok masyarakat dan umat Budha dijamu makan siang di lokasi yang sudah dipadati masyarakat umum yang akan menyambut.

Kelompok pengembara dari Thailand ini tiba sekira pukul 13.00 WIB, setelah menempuh jalur darat berliku diselingi tanjakan dan turunan antara Bedono dan Pringsurat ini. Cuaca sangat panas dan lalu lintas relatif ramai lancar.

Setelah cukup rehat dan makan siang, bhiksu thudong akan meneruskan perjalanan menuju Kota Magelang.

BERITA TERKAIT

Di sepanjang perjalanan para bhiksu thudong ini terlihat selalu menyunggingkan senyum, membalas sapaan dan lambaian tangan warga yang menyambutnya.

Mereka sama sekali tak banyak berbicara.

Sesekali ucapan terima kasih dalam bahasa Indonesia terbata-bata disampaikan para bhiksu sembari mengatupkan tangan.

Baca juga: 32 Biksu Asal Thailand Akan Mampir ke Rumah Habib Luthfi

Memasuki Secang, ribuan orang menyemut di kiri kanan jalan.

Situasi sama terlihat dalam perjalanan dari Secang ke Payaman, dan lalu memasuki momen-momen dramatis tiba di Klenteng Magelang.

Biksu menjalankan ritual thudong kembali melanjutkan perjalanan dari Kota Tegal menuju Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (24/5/2023). Sebanyak 32 biksu jalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur untuk meyambut Hari Raya Waisak. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Biksu menjalankan ritual thudong kembali melanjutkan perjalanan dari Kota Tegal menuju Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (24/5/2023). Sebanyak 32 biksu jalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur untuk meyambut Hari Raya Waisak. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO (KOMPAS Images/KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Masyarakat memadati kiri kanan, memberikan air minum makanan, dan di depan Rindam Diponegoro digelar atraksi barongsai.

Ribuan orang tua, muda dan anak-anak menyambut di kiri dan kanan sepanjang perjalanan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas