Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Jawa Barat, Kota Bandung Menjadi Daerah dengan Kasus Sifilis Tertinggi

Berdasarkan hasil skrining penyakit sifilis yang dilakukan sejak 2018-2022, total ada 830 orang positif sifilis di Kota Bandung

Editor: Erik S
zoom-in Di Jawa Barat, Kota Bandung Menjadi Daerah dengan Kasus Sifilis Tertinggi
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Rochady HS Wibawa, mengatakan Bandung menjadi daerah yang paling banyak penderita sifilis 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengungkapkan Kota Bandung menjadi daerah yang paling banyak penderita sifilis atau raja singa.

Berdasarkan hasil skrining penyakit sifilis yang dilakukan sejak 2018-2022, total ada 830 orang positif sifilis di Kota Bandung.

Baca juga: Gejala Sifilis, Ketahui 5 Tahap Perkembangannya dari Primer hingga yang Paling Bahaya

Keterangan tersebut disamapaikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Rochady HS Wibawa.

"Di Kota Bandung untuk pemeriksaan dilakukan di sekitar 29.552 pemeriksaan itu hasilnya memang 830 orang positif sifilis. Wilayah lain kita adakan pemeriksaan, cuman angkanya fluktuatif, sesuai dengan jumlah kepadatan penduduk, Kota Bandung paling tinggi," ujar Rochady, Sabtu (10/6/2023). 

Menurutnya, skrining belum dilakukan menyeluruh ke semua daerah, hanya di beberapa lokasi saja.

Jika skrining dilakukan secara menyeluruh, kata dia, angka kasus yang ditemukan bisa jadi lebih banyak dibanding data saat ini. 

"Kota Bandung tergolong tinggi angkanya, paling tinggi. Tapi kan kalau kalau dilihat ini aktifnya di area lokalisasi. Kalau dilakukan (skrining) menyeluruh ke setiap rumah, ini angkanya bisa lebih tinggi," katanya. 

Baca juga: Penyebab Penyakit Sifilis atau Raja Singa: Disebabkan oleh Bakteri hingga Bisa Menular ke Orang Lain

BERITA REKOMENDASI

Sementara wilayah lain seperti Kota Depok dan Bekasi, kata dia, jumlahnya relatif sedikit meski masuk sebagai daerah penyangga Ibu Kota. 

"Depok dari 10.713 yang diperiksa hanya 3, Bekasi dari 8.548 itu 53. Kalau masalah tergolong kecil atau besar itu tergantung jumlah responden yang kita periksa," katanya.

Saat ini, Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota bersama-sama aktif melakukan penanganan penyakit ini. 

Baca juga: Kebiasaan Aktivitas Seksual Memicu Sifilis Naik Tajam di Indonesia

"Kalau obat tidak ada masalah, di Puskesmas sudah ada, di RS juga ada," ucapnya.

Berdasarkan hasil testing sejak 2018-2022, tercatat ada 305.816 testing di Jabar. Dari jumlah tersebut, ditemukan 3.186 kasus positif sifilis, 1.500 di antaranya sudah mendapatkan pengobatan.

(Penulis: Nazmi Abdurrahman)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul WADUH, Kota Bandung Jadi Daerah di Jabar dengan Kasus Raja Singa Terbanyak

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas