Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Disnakertrans Banten Investigasi Kasus Tewasnya 2 Pekerja akibat Tertimpa Crane PT SMI

Diketahui kecelakaan kerja di PT SMI itu mengakibatkan dua orang pekerja bernama Hidayatullah dan M Rudi Taufik tewas tertimpa crane.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Disnakertrans Banten Investigasi Kasus Tewasnya 2 Pekerja akibat Tertimpa Crane PT SMI
Kolase TribunBanten.com/Capture Video
Kecelakaan kerja terjadi di PT Samudra Marine Indonesia (SMI) 2 di Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten pada Sabtu (17/6/2023) sekira pukul 15.00 WIB. Sebuah crane jatuh menimpa tiga orang pekerja, dan menelan dua korban jiwa. Proses investigasi dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten untuk mengetahui dugaan penyebab crane terjatuh di PT SMI itu. 

TRIBUNNEWS.COM, SERANG - Kecelakaan kerja yang terjadi di PT Samudra Marine Indonesia (SMI) hingga menewaskan dua pekerja PT Kala Gemilang Trans dan PT Mitra Berkat Raya pada Sabtu (17/6/2023) lalu kini masih dalam proses investigasi.

Proses investigasi dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten untuk mengetahui dugaan penyebab crane terjatuh di PT SMI itu.

Baca juga: ABK KM Bintang Sejahtera 8 Tewas Tertimpa Crane di Kotawaringin Barat Kalteng

Kepala Disnakertrans Banten, Septo Kalnadi, mengatakan hingga saat ini penyebab kecelakaan belum diketahui karena masih dalam proses pengumpulan keterangan saksi dan manajemen PT SMI.

"Untuk penyebab crane jatuh masih dalam kajian secara lebih detail oleh tim pengawas ketenagakerjaan UPTD Kabupaten Serang, Pandeglang dan Lebak," kata Septo Kalnadi dalam keterangan tertulis yang diterima TribunBanten.com, Selasa (20/6/2023).

Diketahui kecelakaan kerja di PT SMI itu mengakibatkan dua orang pekerja bernama Hidayatullah dan M Rudi Taufik tewas tertimpa crane.

Kedua korban tewas merupakan pekerja subkontraktor dari PT Kala Gemilang Trans dan PT Mitra Berkat Raya.

"Kedua korban terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima upah," katanya.

BERITA TERKAIT

Kedua jenazah korban sudah dikembalikan kepada keluarga masing-masing untuk dimakamkan setelah dilarikan ke RS Cilegon.

Baca juga: Pemagang Indonesia di Jepang Meninggal akibat Kecelakaan Kerja saat Bertani Kerang di Kota Yakumo

Hidayatullah yang bekerja sebagai operator crane dikembalikan ke keluarganya di Bojonegara, Kabupaten Serang pada Sabtu 17 Juni 2023 pukul 21.30 WIB.

Sedangkan M Rudi Taufik diterbangkan ke Flores NTT pada Minggu 18 Juni 2023 dan diperkirakan akan tiba di rumah duka keluarga pada Senin 19 Juni 2023.

Septo menjelaskan, untuk klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Hari Tua (JHT) kepada BPJS Ketenagakerjaan masih dalam proses oleh kedua perusahaan tempat korban bekerja dengan dibantu oleh Manajemen PT SMI

"Dalam proses ini kami pantau untuk memastikan bahwa hak-hak korban segera dapat terpenuhi," jelasnya.

Crane didatangkan untuk mengevakuasi bangkai bus peziarah bernomor polisi B 7260 CGA di Sungai Awu kawasan Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (8/5/2023) sore
Crane didatangkan untuk mengevakuasi bangkai bus peziarah bernomor polisi B 7260 CGA di Sungai Awu kawasan Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (8/5/2023) sore (Kompas.com/ Tresno Setiadi)

Kronologi Kecelakaan

Insiden kecelakaan kerja terjadi di PT Samudra Marine Indonesia (SMI) 2 di Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten pada Sabtu (17/6/2023) sekira pukul 15.00 WIB.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas