Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendapatkan Hibah Kemendikbud RI, Mahasiswa UPJ Bersinergi Galakkan Pengabdian Masyarakat

PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Mendapatkan Hibah Kemendikbud RI, Mahasiswa UPJ Bersinergi Galakkan Pengabdian Masyarakat
Istimewa
Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mendapatkan hibah kegiatan di bidang kemahasiswaan dari Kemendikbud Ristek yakni Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) dan ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang akan digunakan untuk kepentingan masyarakat .   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mendapatkan hibah kegiatan di bidang kemahasiswaan dari Kemendikbud Ristek yakni Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) dan ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Melalui hibah PPK Ormawa, organisasi kemahasiswaan Prodi Teknik Sipil UPJ  berhasil mendapatkan pendanaan untuk kegiatan pemberdayaan bagi ibu-ibu PKK di wilayah Kabupaten Tangerang sedangkan 2 orang mahasiswa lainnya berhasil menang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan dan Kreativitas Mahasiswa.

Baca juga: UPJ Jadi Tuan Rumah Tiga Konferensi Internasional Lintas Empat Benua

PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. 

Di tahun 2023 ini melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, UPJ meraih pendanaan senilai hampir Rp40 juta dari proposal yang berjudul Membangun Masyarakat Sehat Desa Lengkong Kulon Banten Melalui Pemberdayaan Ibu PKK Dengan Program Gempita.

Dhea Diffani ketua program PPK Ormawa UPJ tahun 2023 mengatakan, dalam Kegiatan program PPK ORMAWA 2023, Himpunan Mahasiswa Sipil bertujuan  membangun masyarakat sehat Desa Lengkong Banten.

"Kami melakukan program penataan ruang hijau terbuka ramah anak, penyediaan fasilitas sanitasi sehat dan layak untuk anak-anak, penyuluhan manajemen sampah domestik serta edukasi dan pengecekan kesehatan gratis untuk masyarakat desa” seperti disampaikan oleh Dhea Diffani ketua program PPK Ormawa UPJ tahun 2023," katanya, Senin (26/6/2023).

BERITA TERKAIT

Sementara itu ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud Ristek ditujukan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Baca juga: Daftar PTN yang Buka Jalur Mandiri dengan Nilai UTBK SNBT 2023, Simak Jadwal Seleksinya

Dari kegiatan PKM 2023 ini UPJ meloloskan 2 proposal dari skema PKM Kewirausahaan (PKMK) dan PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM PM).

Delfi Anggreyani dari Program Studi Manajemen memperoleh hibah PKM K dengan judul Outlet Jajanan Cepat Saji “Semua Suka” (Snack Sagasuki Spot), sedangkan Fadzillatul Thoyibah mahasiswa Program Studi DKV, meraih hibah PKMPM dengan judul Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Produk Yang Memiliki Nilai Tambah Dalam Rangka Memberdayakan Masyarakat RT 001 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas