Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantu Ekonomi Warga di Pangandaran, Relawan Ganjar Bangun Rumah Produksi Komoditas Kelautan

Kawasan Pangandaran jadi daerah pesisir dengan ragam potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah, mulai dari komoditas kelautan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bantu Ekonomi Warga di Pangandaran, Relawan Ganjar Bangun Rumah Produksi Komoditas Kelautan
ist
Wanita Nelayan Sadulur Ganjar bangun rumah produksi keripik sukun stimulasi ekonomi masyarakat di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kawasan Pangandaran jadi daerah pesisir dengan ragam potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah, mulai dari komoditas kelautan dan perikanan, pertanian serta perkebunan.

Melihat potensi ini, sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membuat pelatihan bagi para istri pelaut untuk mengolah hasil bumi 'Hawaii Van Java' yakni produk camilan yang terbuat dari sukun.

Selain itu salah satu komunitas relawan Ganjar ini juga membangu rumah produksi keripik sukun guna menstimulasi ekonomi warga di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat




"Di kegiatan hari ini tadi Wanita Nelayan Sadulur Ganjar itu melatih ibu-ibu istri nelayan untuk membuat keripik sukun karena di desa Legokjawa banyak sekali yang menanam tanaman sukun," kata Sekretaris Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Legokjawa, Ai Siti Rohimah, Senin (24/7/2023).

Adapun rumah produksi yang dibangun dilengkapi sejumlah perlengkapan dapur semisal kompor, wajan, alat peniris minyak, dan lainnya dengan harapan menjadi pusat produktivitas pembuatan keripik sukun yang bisa menyerap tenaga kerja ibu-ibu setempat.

Ketersediaan pasar juga disipakan oleh Wanita Nelayan Sadulur Ganjar untuk memasarkan produk tersebut. Produk olahan ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi para pelancong yang tengah menghabiskan momen liburan.

"Dengan adanya bantuan itu di rumah produksi keripik sukun itu mudah-mudahan bisa menyerap tenaga-tenaga dan juga terutama bisa menambah ekonomi istri-istri nelayan," jelas dia.

BERITA TERKAIT

Salah satu peserta, Selly (22) merasa kehadiran Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membawa banyak manfaat bagi masyarakat di Legokjawa.

"Soalnya di sini kan belum ada produksi keripik sukun. Untuk harapannya sih bisa membantu ibu-ibu di Pangandaran membantu ekonomi untuk suaminya dan mensejahterakan ibu-ibu di Pangandaran," kata dia

Baca juga: Dinilai Berpihak Terhadap Nelayan, Ganjar Dapat Dukungan dari Relawan dan Pelaut di Pangandaran

Di sela-sela kegiatan, Wanita Nelayan Sadulur Ganjar turut mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sebelumnya, relawan Ganjar ini juga telah membangun rumah produksi Keripik Sale di Cipatujah Tasikmalaya, Keripik Kelapa di Madasari dan Muaragatah Pangandaran, Abon Ikan di Wonoharjo Pangandaran, serta Mujair Frozen di Bojongsalawe Pangandaran.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas