Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siswa SD di Bandung Barat Tewas Keracunan Makanan, Kakek Penjual Cimin Dikenakan Wajib Lapor

Satu siswa SD di KBB tewas diduga karena keracunan makanan. Korban sempat mengkonsumsi jajanan cimin di sekolah. Kakek pedagang cimin telah diperiksa

Editor: Abdul Muhaimin
zoom-in Siswa SD di Bandung Barat Tewas Keracunan Makanan, Kakek Penjual Cimin Dikenakan Wajib Lapor
earthclinic.com
Ilustrasi Keracunan makanan. Sebanyak 34 siswa SDN Jati 3, Desa Saguling mengalami keracunan makanan. 

TRIBUNNEWS.COM - Jajanan aci mini alias cimin diduga menjadi penyebab 34 siswa SDN Jati 3, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami keracunan.

Bahkan satu di antara siswa yang mengalami keracunan meninggal karena memiliki penyakit penyerta, yakni thalassemia.

Pedangang cimin yang berinisial TA (74) telah selesai menjalani pemeriksaan.




Kasatreskrim Polres Cimahi, AKP Luthfi Olot Gigantara menyatakan belum ada penetapan tersangka dalam kasus ini.

Baca juga: Sosok Kakek Penjual Cimin yang Diduga Jadi Penyebab 34 Siswa SD Keracunan, Awalnya Jualan Arum Manis

"Untuk penjual (cimin) sudah kami pulangkan, tapi dia wajib lapor sambil menunggu hasil pemeriksaan sampel dari Labkesda keluar," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (30/9/2023).

Hanya saja pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci terkait hasil pemeriksaan dari pedagang cimin tersebut karena untuk memastikan penyebab pasti keracunan itu harus menunggu hasil uji laboratorium sampel ciminnya keluar.

Ia mengatakan, pemeriksaan sampel makanan tersebut sudah dilakukan dengan tujuan untuk memastikan apakah ada kandungan berbahaya atau tidak di dalam cimin yang dijajakan pedagang berinisial TA tersebut.

BERITA TERKAIT

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan KBB dan sampai saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan sampel cimin itu keluar," katanya.

Sementara dari hasil pemeriksaan sejumlah korban, kata Luthfi, mereka mengakui merasakan gejala setelah mengonsumsi cimin yang dibeli dari sekolahnya, lalu mereka melakukan pemeriksaan ke Puskesmas Saguling.

"Dari pemeriksaan korban, mereka membenarkan sempat mengonsumsi jajanan berupa cimin yang dibeli di depan sekolah atau tempat mereka mengadakan kegiatan," ucap Luthfi.

Baca juga: Soal Siswa Keracunan di Bandung Barat: Pedagang Baru Jualan 1 Hari, Disdik Ingatkan Ini

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto mengatakan, setelah mengonsumsi cimin tersebut puluhan siswa itu mengalami mual, muntah-muntah, dan diare, sehingga penyebabnya diduga dari makanan tersebut.

"Penyebab keracunan diduga berasal dari serbuk atau bumbu tabur pedas karena siswa lain yang mengonsumsi cimin tapi tidak diberi serbuk pedas tidak mengalami gejala keracunan," kata Hernawan.

Untuk memastikan penyebab keracunan, pihaknya sudah mengambil 7 sampel, yakni terigu (bahan baku), bahan cabai kering, penyedap rasa, bumbu bawang, cimin siap goreng, bumbu keju, dan dan bahan baku cimin tepung singkong tapioka untuk dilakukan uji laborarorium.

"Semua sampel cimin itu sudah kita ambil, termasuk serbuk pedasnya. Dengan demikian, nanti akan ketahuan penyebab keracunannya karena apa," ucapnya.

Murid SDN Jati 3, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang mengalami keracunan saat dirawat di Puskesmas Saguling, Kamis (28/9/2023).
Murid SDN Jati 3, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang mengalami keracunan saat dirawat di Puskesmas Saguling, Kamis (28/9/2023). (TribunJabar.id/Hilman Kamaludin)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas