Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Warga di Cianjur Diduga Keracunan Usai Makan Nasi Kotak di Acara Perayaan Maulid Nabi

Puluhan warga yang diduga mengalami keracunan makanan kini menjalani perawatan di Puskesmas Cilaku dan RSUD Cianjur.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Puluhan Warga di Cianjur Diduga Keracunan Usai Makan Nasi Kotak di Acara Perayaan Maulid Nabi
Istimewa
Puluhan warga di Kampung Kebon Manggu, Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diduga mengalami keracunan makanan. Mereka mengalami gejala pusing, mual, dan muntaber setelah menyantap hidangan usai acara Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), Minggu (1/10/2023). 

Laporan Kontributor Tribunjabar Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR - Puluhan warga di Kampung Kebon Manggu, Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diduga mengalami keracunan makanan.

Mereka mengalami gejala pusing, mual, dan muntaber setelah menyantap hidangan usai acara Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), Minggu (1/10/2023).

Informasi yang dihimpun TribunJabar.id, puluhan warga yang diduga mengalami keracunan makanan kini menjalani perawatan di Puskesmas Cilaku dan RSUD Cianjur.

Selmi Syaeful, keluarga korban mengatakan, puluhan warga yang mengalami gejala pusing, mual dan muntaber tersebut usai menyantap hidangan dalam kegiatan PHBI.

Baca juga: Siswa SD di Bandung Barat Tewas Keracunan Makanan, Kakek Penjual Cimin Dikenakan Wajib Lapor

"Dalam kegiatan Maulid Nabi itu banyak dihadiri orang, mulai dari anak sekolah dan warga sekitar," katanya saat pada Tribunjabar.id.

Setelah mengikuti kegiatan acara Maulid Nabi, panitia penyelenggara langsung membagikan nasi kotak berisi bihun dan telur. Nasi kotak itu langsung disantap warga yang hadir.

BERITA TERKAIT

"Tidak lama setelah itu, beberapa orang mulai mengalami gejala pusing, mual dan muntaber. Bahkan ada yang tidak sadarkan diri."

"Jumlah warga yang mengalami gejala itu pun terus bertambah jumlah mencapai puluhan," kata dia.

Puluhan warga yang mengalami gejala pusing, mual, dan muntaber tersebut langsung dibawa ke Puskesmas Cilaku dan di lokasi masjid serta RSUD Cianjur.

"Hingga malam ini puluhan warga masih menjalani perawatan dan pengobatan dan langsung ditangani tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur," kata dia.

Sementara itu, Humas RSUD Cianjur Asep Hilman mengatakan ada satu warga yang mengalami keracunan tengah menjalani perawatan di IGD RSUC Cianjur.

Baca juga: Fakta Jajanan Cimin Diduga jadi Penyebab Siswa SD Tewas Keracunan, Dijual Kakek TA di Dekat Sekolah

"Korban yang mengalami keracunan yang ditangani di RSUD Cianjur ada satu, dan saat ini masih menjalani perawatan oleh tim medis," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cilaku Eka Susilawati membenarkan sejumlah warga yang mengalami keracunan tersebut memiliki gelaja mual, muntah, dan dehidrasi.

"Hingga saat ini warga yang mengalami keracunan, masih dalam penanganan tim medis dari Puskesmas Cilaku dan di bantu Dinkes Cianjur," kata dia.

Dia mengatakan, terkait makanan atau penyebab warga mengalami gejala mual, pusing dan muntaber masih belum dapat dipastikan.

"Kalau jenis makanannya masih ditelusuri dulu, karena kami dari Puskesmas dan bidan desa tengah ke sana untuk melakukan penanganan dan pendataan, nanti saya hubungi lagi ya," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING NEWS Puluhan Warga di Cianjur Alami Keracunan Massal, Alami Muntaber usai Makan Nasi Kotak

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas