Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Danu Makin Berani Ungkap Kasus Subang, Sebut Yosep Cerita Soal Yayasan dan Butuh Uang

Pengakuan-pengakuan tersangka Muhamad Ramdanu alias Danu semakin mengungkap tabir kasus yang sudah dua tahun terbengkalai.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Danu Makin Berani Ungkap Kasus Subang, Sebut Yosep Cerita Soal Yayasan dan Butuh Uang
Dok Istimewa
Muhamad Ramdanu atau Danu dan Yosef Hidayah alias Yosep saat digiring Petugas ke Ruang Tahanan Polda usai ditetapkan menjadi tersangka kasus Pembunuhan Ibu dan anak di Jalancagak 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat lambat laun mulai terurai.

Pengakuan-pengakuan tersangka Muhamad Ramdanu alias Danu semakin mengungkap tabir kasus yang sudah dua tahun terbengkalai.

Setelah mendapatkan ruang tahanan khusus, Danu makin berani mengungkap keterlibatan 'uwaknya' Yosep Hidayah yang juga telah menjadi tersangka.

Baca juga: Yoris Sangat Terpukul Lihat Adegan Danu Seret Jasad Tuti ke Mobil Alphard




Kepada polisi, Danu mengaku bahwa Yosep sempat ngobrol di warung pecel lele dan uwaknya itu mengungkapkan sedang membutuhkan uang dalam jumlah tertentu.

Obrolan di pecel lele tersebut terjadi beberapa jam sebelum terjadinya pembantaian dua wanita istri dan putri Yosep tersebut.

"Memang betul dari pemeriksaan Danu, bahwa Yosep bercerita ke Danu lagi membutuhkan uang yang pasti bukan uang untuk kebutuhan sehari-hari," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar, Kombes Pol Surawan, Senin (13/11/2023).

Percakapan antara para tersangka itu, kata dia, sudah diperagakan dalam pra-rekonstruksi yang dilakukan pekan lalu.

BERITA TERKAIT

Namun, apakah masalah uang itu menjadi motif utama dalam kasus ini, Surawan mengaku belum dapat memastikannya.

"Kita lagi dalami kesaksian terbaru Danu untuk menemukan motif kasus ini. Dalam pra rekonstruksi minggu lalu, sudah muncul pembicaraan terkait uang antara Yosep dan Danu di warung pecel lele," katanya.

Baca juga: Pra Rekonstruksi Kasus Subang Kembali Digelar, Yosep Bertemu Danu di Warung Pecel Sebelum Membunuh

Pihaknya pun mengaku bakal kembali mendatangi lokasi kejadian untuk mengulang sejumlah adegan dalam peristiwa yang terjadi pada 18 Agustus 2021 tersebut.

"Hari ini kami ke TKP lagi dengan membawa Danu. Tujuannya untuk melakukan pra rekonstruksi ulang sejumlah adegan di dalam rumah," ucapnya.

"Pra rekonstruksi ulang untuk memperkuat kesaksian Danu. Terkait sajam golok, kami masih berupaya mencarinya hingga kini," tambahnya.

Muhamad Ramdanu alias Danu saat olah TKP kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu, Selasa (24/10/2023).
Muhamad Ramdanu alias Danu saat olah TKP kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu, Selasa (24/10/2023). (Dokumen Polda Jabar)

Masalah Uang Yayasan

Kuasa hukum Danu, Achmad Taufan juga mengungkap tersangka Yosep sempat mengeluhkan masalah uang yayasan kepada Danu di lokasi pecel lele.

Menurut Taufan, Danu dari warnet, pulang ngambil motor langsung ke pecel lele, sampai pecel lele Yosep lagi makan, ngobrol tidak lama sekitar jam 9 malam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas